Bagikan:

JAKARTA - Manchester City berambisi memutus catatan buruk saat menghadapi tamunya Fulham di pertandingan Premier League Inggris di Stadion Etihad, Sabtu, 5 Oktober 2024 malam WIB. Target Man City tak lain kembai ke jalur menang meski Fulham siap membuat kejutan di kandang lawan.

Hasil fluktuatif Man City di berbagai kompetisi. Di Liga Champios, Man City akhirnya memetik kemenangan pertama saat menghajar Slovan Bratislava 4-0. Sebelumnya, tim asuhan Pep Guardiola yang bermain di kandang sendiri hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan Inter Milan.

Pencapaian Man City di Liga Premier pun kurang meyakinkan meski sempat bertengger di puncak klasemen. Pada dua laga terakhir, The Cityzens hanya mampu bermain imbang melawan Arsenal (2-2) dan Newcastle United (1-1).

Bahkan saat menjamu Arsenal, mereka nyaris kalah bila tidak diselamatkan John Stones yang mencetak gol hanya beberapa saat sebelum laga usai.

Namun hasil imbang di Newcstle yang menjadikan Man City kehilangan posisi di puncak klasemen. Mereka digeser Liverpool yang menang 2-1 atas Woverhampton Wanderers.

Hanya saja persaingan tetap ketat karena Man City yang menempati peringkat dua dengan 14 poin. Mereka hanya terpaut satu poin dengan Liverpool. Man City sendiri memiliki poin sama dengan Arsenal yang menempati peringkat tiga.

Man City sesungguhnya sudah menunjukkan kebangkitan saat menyambangi markas Slovan Bratislava. Kemenangan empat gol melalui llkay Gundogan, Phil Foden, Erling Haaland dan James McAtee menjadi modal berharga Man City sat menghadapi tamunya di Liga Inggris.

Hanya saja, Man City tetap harus menunjukkan bila mereka sudah berada di jalur yang tepat di kompetisi domestik. Kemenangan menjadi target mutlak demi menjaga persaingan dengan Liverpool yang kini menguasa takhta klasemen.

Di laga melawan Fulham, Guardiola kembali mengandalkan skuat utama setelah membangkucadangkan mereka. Man City sudah pasti tidak bisa diperkuat gelandang andalan Rodri yang cedera ACL dan bakal absen hingga akhir musim.

Selain itu, Oscar Bobb mengalami patah tulang saat latihan dan Nathan Ake masih berkutat dengan cedera otot yang dialaminya saat memperkuat Belanda di UEFA Nations League. Sedangkan gelandang Kevin De Bruyne juga belum bisa tampil yang masih didera cedera.

Meski demikian, Guardiola tetap bisa menurunkan tim terbaik. Kiper Ederson dan para bek, Ruben Dias, Kyle Walker serta Rico Lewis kembali bermain. Gelandang Mateo Kovacic menggantikan posisi Rodri sehingga Gundogan bakal duduk di bench. Duo gelandang Bernardo Silva dan Jack Grealish akan menopang Erling Haaland.

Fulham sesungguhnya bukan lawan enteng Man City. Performa yang stabil menjadikan The Cottagers bisa menduduki peringkat enam dengan mengumpulkan 11 poin.

Tim asuhan Marco Silva mengawali kompetisi dengan kekalahan dari Manchester United. Namun Fulham berhasil bangkit. Terakhir, klub London tersebut berhasil mengalahkan Newcastle United dan Nottingham Forest. Bila Fulham bisa menduduki peringkat enam, sebaliknya MU terpuruk di posisi 13 dengan hanya memiliki tujuh poin.

Di laga tersebut, Silva mempertahankan skuat inti dengan Raul Jimenez menjadi ujung tombak. Di belakang, kuartet bek Kenny Tete, Joachim Andersen, Calvin Bassey dan Antonee Robinson. Mereka membentengi kiper Bernd Leno.

Di tengah ada Sander Berge dan Harrison Reed. Sedangkan Adama Traore bersama Emile Smith Rowe, dan Alex Iwobi menopang Jimenez.

Prakiraan Susunan Pemain

Manchester City (4-2-3-1): Ederson; Walker, Akanji, Dias, Gvardiol; Lewis, Kovacic; Bernardo, Foden, Grealish; Haaland

Fulham (4-2-3-1): Leno; Tete, Andersen, Bassey, Robinson; Berge, Pereira; Traore, Smith Rowe, Iwobi; Jimenez