Bagikan:

JAKARTA – MotoGP musim 2024 masih tersisa lima seri setelah Grand Prix Mandalika rampung dilaksanakan pada Minggu, 29 September 2024, akhir pekan kemarin.

Balapan di Mandalika Internasional Sirkuit merupakan seri ke-15 pada musim ini. Padahal, seharusnya balapan tersebut merupakan seri ke-17 jika dua di antaranya tidak batal digelar.

Dua tempat yang tidak bisa menggelar balapan tahun ini adalah di India, tepatnya di Buddh International Circuit, serta Kazakstan di Sokol International Racetrack.

Adapun lima seri yang tersisa dalam kalender tahun ini berturut-turut dimulai dari Jepang (4-6 Oktober), Australia (18-20 Oktober), Thailand (25-27 Oktober), Malaysia (1-3 November), dan seri puncak di Valencia pada 15-17 November 2024.

Pebalap berkebangsaan Spanyol dan runner-up MotoGP 2023, Jorge Martin, masih memimpin puncak klasemen sementara pebalap dari total balapan yang sudah digelar tersebut.

Rider yang membela tim Prima Pramac Racing tersebut telah mengoleksi 366 poin. Dia untuk sementara unggul sebanyak 21 poin atas juara bertahan Francesco Bagnaia.

Jarak poin tersebut membuka kemungkinan keduanya akan bersaing ketat hingga ujung musim untuk mengunci gelar juara dari balapan motor paling bergengsi di dunia itu.

Selain kedua nama ini, persaingan menuju titel juga masih terbuka buat rekan setim Bagnaia di Ducati Lenovo Team, Enea Bastianini, yang saat ini menghuni posisi ketiga dengan jumlah poin 291.

Juara dunia enam kali Marc Marquez yang membela Gresini Racing juga masih memiliki kans sekalipun kecil. Kompatriot Jorge Martin itu saat ini mengisi tempat keempat dengan 288 poin.

Jarak poin semakin melebar setelah Marquez tidak bisa menyelesaikan balapan di Mandalika karena motornya terbakar ketika balapan baru saja berlangsung 10 putaran.

Daftar 5 Seri MotoGP 2024 Tersisa

  1. Jepang: Twin Ring Motegi (4-6 Oktober)
  2. Australia: Phillip Island (18-20 Oktober)
  3. Thailand: Chang International Circuit (25-27 Oktober)
  4. Malaysia: Sepang Circuit (1-3 November)
  5. Valencia: Rircardo Tormo (15-17 November)