Jelang MotoGP Mandalika: Ini Statistik Seputar Grand Prix of Indonesia
Jelang MotoGP Mandalika (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Perhelatan balap MotoGP kembali ke Indonesia setelah 25 tahun saat negara kepulauan itu menggelar Grand Prix untuk pertama kalinya sejak 1997.

Grand Prix Indonesia perdana digelar pada 1996 di Sirkuit Sentul yang menggelar Grand Prix kembali di tahun berikutnya.

Di GP Indonesia 1996, Mick Doohan (Honda) memenangi kelas 500cc mengalahkan Alex Barros dan Loris Capirossi.

Tetsuya Harada (Yamaha) memenangi balapan kelas 250cc sedangkan kategori paling ringan 125cc dimenangi oleh Masaki Tokudome (Aprilia).

Grand Prix kedua dan terakhir di Sentul digelar pada 1997 ketika Tadayuki Okada meraih kemenangan pertama dari empat kesuksesannya naik podium teratas di kelas premier.

Berikut ini daftar para pebalap pemenang Grand Prix Indonesia sebelumnya dikutip dari Antara:

1. Mick Doohan – 1 x 500cc

2. Tadayuki Okada – 1 x 500cc

3. Testuya Harada – 1 x 250cc

4. Max Biaggi – 1x 250cc

5. Masaki Tokudome – 1 x 125cc

6. Valentino Rossi – 1 x 125cc

Catatan resmi MotoGP menunjukkan Indonesia menjadi salah satu dari tujuh negara di Asia yang menjadi tuan rumah ajang Grand Prix (di semua kelas solo) bersama Thailand, Turki, Jepang, Malaysia, China dan Qatar.

Sirkuit Pertamina Mandalika menjadi sirkuit ke-12 yang digunakan untuk balapan GP di Asia hingga kini.

Lintasan di pesisir selatan Pulau Lombok, NTB itu diresmikan pada November 2021 jelang seri pemungkas musim kejuaraan WorldSBK.

Sirkuit-sirkuit lain di Asia yang pernah dipakai balapan GP adalah: Motegi (63 balapan, Sepang (62), Lusail (59), Suzuka (56), Shah Alam (21), Shanghai (12), Istanbul Park (9), Fisco/Fuji (8), Sentul (6), Buriram (6), dan Johor (3).

Pertamina Mandalika International Street Circuit juga merupakan trek ke-73 di dunia yang menjadi tuan rumah Grand Prix kelas premier termasuk yang ke-30 menghelat balap MotoGP sejak kategori baru itu diperkenalkan pada 2002.

MotoGP telah menjalani tes pramusim selama tiga hari di Mandalika pada 11-13 Februari. Setelah tes rampung, sebagian lintasan menjalani pengaspalan ulang sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5.

Sejumlah sirkuit yang pernah dipakai Marc Marquez membalap namun belum pernah memenangi kelas premier di sana sejauh ini adalah Portimao, Red Bull Ring, dan Mandalika, yang debut di kalender MotoGP musim ini.