Bagikan:

JAKARTA - Proyek naturalisasi pemain Timnas Indonesia menuai perdebatan hangat lagi. Komentar Anggota Komite Eksekutif NOC Indonesia, Hifni Hasan, menjadi pemantik.

Hifni melontarkan pernyataan tidak setuju terkait meraknya naturalisasi di tubuh Timnas Indonesia saat mewakili Presiden NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, datang ke acara Santini Jebreeetmedia Award 2024, pada Kamis, 26 september 2024.

"Pertama-tama, saya ingin berbicara tentang coach Shin Tae-yong. Kebetulan, beliau belum memahami bahasa Indonesia."

"Saya salah satu orang yang paling keras menyoroti masalah naturalisasi ini. Saya juga selalu mengingatkan beliau (Shin Tae-yong) jangan terlalu membawa banyak pemain naturalisasi ke dalam tubuh sepak bola Indonesia," kata Hifni Hasan.

"Setiap saya bicara tentang coach Shin Tae-yong ini mungkin buzzer-nya ratusan ribu yang menyerang," ujarnya lagi.

Polemik pemain naturalisasi memang telah lama menjadi perdebatan di sepak bola Indonesia.

Meski performa Timnas Indonesia terus meningkat seiring kedatangan pemain naturalisasi yang punya darah Indonesia, isu ini tetap menuai pro dan kontra.

Usai pernyataan Hifni Hasan yang mengkritik keras terkait proyek naturalisasi itu, Shin Tae-yong langsung buka suara.

Pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan bahwa publik tak perlu lagi memperdebatkan pemain naturalisasi di Timnas Indonesia.

Ia juga meminta masyarakat Tanah Air untuk melihat proyek naturalisasi ini melalui sudut pandang lebih luas dalam peningkatan kualitas pemain lokal Indonesia.

Shin Tae-yong lebih lanjut mengukapkan bahwa dirinya dan PSSI tak sembarangan melakukan naturalisasi pemain.

Pemain diaspora atau memiliki garis keturunan Indonesia langsung menjadi prioritas karena mereka layak memilih dan membela tanah leluhur.

NOC Indonesia Buat Pernyataan Resmi

Terkait pernyataan Hifni Hasan yang membuat isu naturalisasi hangat lagi, NOC Indonesia sampai membuat pernyataan resmi.

Melalui unggahan di akun Instagram resmi NOC Indonesia, mereka menegaskan bahwa pernyataan Hifni Hasan tidak mewakili organisasi.

"Pernyataan resmi NOC Indonesia terkait pernyataan salah satu Anggota Komite Eksekutif menyoal program naturalisasi di Timnas Indonesia oleh PSSI."

"NOC Indonesia mengambil sikap atas kegaduhan yang terjadi usai pernyataan yang dilontarkan Anggota Komite Eksekutif Hifni Hasan di acara Santini Jebreeetmedia Award 2024 pada Kamis, 26 september 2024."

"NOC Indonesia menegaskan bahwa pernyataan terkait program naturalisasi pemain yang dilakukan PSSI yang dilontarkan Hifni Hasan tidak mewakili institusi atau organisasi NOC Indonesia."

"Pernyataan itu merupakan pernyataan pribadi dan tidak mewakili NOC Indonesia. Walaupun itu pernyataan pribadi, yang bersangkutan tidak pantas menyampaikan pendapatnya pada kesempatan tersebut karena beliau hadir mewakili Ketua Umum NOC Indonesia," bunyi pernyataan NOC Indonesia.

Selanjutnya, NOC Indonesia mengambil tindakan tegas sesuai ketentuan konstitusi organisasi terhadap Hifni Hasan.

"Kami menghormati setiap langkah yang diambil oleh masing-masing anggota kami, termasuk PSSI di dalam melakukan pengelolaan dan pengembangan olahraga untuk prestasi yang lebih baik."

"NOC Indonesia memohon maaf atas tindakan yang bersangkutan terhadap Ketua Umum PSSI beserta jajarannya, termasuk pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. NOC Indonesia senantiasa mendukung PSSI dalam pengelolaan organisasinya."

"NOC Indonesia akan melakukan langkah-langkah, termasuk mengambil tindakan tegas terhadap yang bersangkutan sesuai ketentuan konstitusi organisasi," lanjut pernyataan NOC Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Hifni Hasan dalam acara tersebut tengah memberi sambutan mewakili NOC Indonesia. Di tengah sambutan itu, dia menyinggung soal naturalisasi kepada Shin Tae-yong yang juga hadir di acara tersebut.