Bagikan:

JAKARTA - Persib Bandung berhasil mengamankan tiga poin saat melakoni laga bertajuk El Clasico kontra Persija Jakarta di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin, 23 September 2024. Maung Bandung menang dua gol tanpa balas.

Hasil itu memperpanjang catatan baik Persib hingga pekan keenam Liga 1 2024/2025 meski duel berlangsung panas. Dua kartu merah keluar dari saku wasit sehingga kedua tim bermain 10 pemain. 

Persib Bandung yang jadi tuan rumah mampu lebih mendominasi bola sejak awal. Tim asuhan Bojan Hodak nyaris membuka gol pada empat menit pertama setelah umpan Marc Klok disambut tandukan Gustavo Franca. Sayang, bola masih melebar dari gawang yang dijaga Carlos Eduardo.

Berselang tiga menit, giliran Persija Jakarta yang menebar ancaman lewat tendangan Maciej Gajos, tapi masih bisa dihalau kiper Persib Kevin Mendoza.

Setelah gebrakan awal, Persib terus menebar ancaman ke gawang Persija. Namun, lini pertahanan Macan Kemayoran yang dikomandoi Rizky Ridho masih cukup solid.

Di tengah pertandingan yang sengit, nasib malang justru menimpa tim tamu. Memasuki menit ke-28, mereka mesti kehilangan satu pemain.

Persija terpaksa tampil dengan 10 pemain setelah Firza Andika mendapat kartu kuning kedua.

Persib Bandung yang unggul jumlah pemain terus menggempur pertahanan Macan Kemayoran. Upaya keras kemudian berbuah manis pada menit ke-38.

Maung Bandung akhirnya bisa mengubah papan skor menjadi 1-0 lewat tendangan keras Dimas Drajad. Keunggulan tim tuan rumah membuat Persija mesti berusaha lebih keras lagi untuk bisa mengejar ketertinggalan.

Namun, Witan Sulaeman dan kolega cukup kesulitan menebar ancaman ke gawang tuan rumah untuk menyamakan kedudukan dengan 10 pemain. Hasilnya, Persija Jakarta tertinggal 0-1 dari Persib Bandung hingga turun minum.

Lanjut ke babak kedua, duel bertajuk El Clasico Indonesia ini berlangsung kian panas. Persija yang masih berusaha membongkar pertahanan Persib belum juga menemukan celah.

Memasuki menit ke-62, giliran Persib Bandung yang menerima nasib sama. Maung Bandung juga terpaksa bermain dengan 10 pemain.

Marc Klok diusir dari lapangan oleh wasit. Sempat menerima kartu kuning, tapi pengecekan VAR kemudian dilakukan untuk memutuskan bahwa wasit memberinya kartu merah akibat sepakan keras ke arah pinggang Gajos.

Kedua tim berada di situasi yang sama, harus tampil dengan 10 pasukan. Namun, keunggulan yang lebih dulu dibukukan Persib Bandung membuat mereka tampil lebih nyaman.

Dengan status tuan rumah dan dukungan yang terus mengalir, Persib Bandung terus memberikan tekanan. Meski demikian, Persija tampil bukan tanpa peluang.

Beberapa kesempatan emas tercipta, salah satu melalui Hanif Sjahbandi. Hanya saja, sepakannya di muka gawang Mendoza masih membentur mistar gawang.

Alih-alih bisa mengimbangi permainan Maung Bandung, Persija Jakarta malah kembali kecolongan. Pada menit ke-82, Persib Bandung membuat skor menjadi 2-0 setelah tendangan Ryan Kurnia gagal dibendung Carlos Eduardo.

Keunggulan Persib terus bertahan hingga 90 menit waktu normal. Wasit memberikan tujuh menit injury time.

Namun, kesempatan itu gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Persija yang tetap tanpa gol hingga laga berakhir.