Bagikan:

JAKARTA - Calon pemain naturalisasi, Eliano Reinjders, mengumbar janji bisa membantu Timnas Indonesia meraih poin di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Hal tersebut diutarakan Eliano sebagai ungkapan kegembiraan meski sejauh ini naturalisasinya belum rampung sepenuhnya.

Sejauh ini proses naturalisasi Eliano telah disetujui Paripurna DPR RI pada Kamis, 19 September 2024. Dia hanya tinggal menunggu Kemensetneg untuk mendapatkan Surat Keputusan Presiden Joko Widodo.

Jalannya pewarganegaraan itu juga sesuai rencana. Jika pada Jumat, 20 September 2024, Surat Keputusan Presiden turun, Eliano bersama Mees Hilgers bisa mengambil sumpah WNI di Belanda pada Minggu, 22 September 2024, waktu setempat seperti yang sudah dijadwalkan.

Kehadiran Eliano Reindjers dalam Skuad Garuda memang diproyeksi untuk menambah kekuatan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pada laga terdekat, Timnas Indonesia akan menghadapi Bahrain dan China pada 10 serta 15 Oktober 2024.

Bila berkaca pada hasil laga sebelumnya, saat ini Timnas Indonesia berada di posisi keempat klasemen Grup C dengan mengumpulkan dua poin. Hasil itu didapat setelah menahan imbang Arab Saudi (1-1) dan Australia (0-0).

Eliano bersikeras ingin menjaga status tak terkalahkan Timnas Indonesia. Karena itu, ia berjanji siap memberikan poin tambahan untuk tim besutan Shin Tae-yong.

"Saya juga melihat reaksi itu di media sosial. Mereka (Timnas Indonesia) sekarang punya dua poin. Saya pikir itu akan bertambah," kata Eliano saat hadir daring dalam rapat DPR dikutip pada Kamis, 19 September 2024.

Selain itu, Eliano juga mengaku terkesan dengan dukungan luar biasa suporter kepada Timnas Indonesia.

Sebanyak 70 ribu suporter memenuhi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada pekan lalu.

"Itu (suporter) sangat bagus. Saya melihat mereka melawan Australia, banyak orang yang senang dan bernyanyi. Saya pikir mereka semua di stadion senang melihat Timnas bermain bagus," tutur Eliano.