Bagikan:

JAKARTA – Jonatan Christie berhasil mempercantik rekor belum terkalahkan melawan Toma Junior Popov untuk mendapat tiket babak perempat final China Open 2024.

Rekor itu dijaga setelah Jonatan bangkit dari kehilangan gim pertama untuk mengamankan kemenangan rubber game 16-21, 21-18, dan 22-20 di Olympic Sports Center Gymnasium pada Kamis, 19 September 2024, petang WIB.

"Saya harus benar-benar memerhatikan lagi kondisi menang-kalah anginnya karena itu akan memengaruhi strategi permainan," ujar Jonatan usai laga.

Pada gim pertama Jonatan sebenarnya sempat unggul jauh atas lawannya dengan gap lima poin 8-3. Namun, poinnya mulai berjalan tersendat sehingga lawan balik mengejar dan kemudian menang.

Jonatan kemudian bangkit di gim kedua dengan gemilang. Toma hanya mendapat kesempatan mengidentikan skor satu kali pada dua poin pertama.

Saat gim penentuan, Jonatan sempat mendapat momen bagus sebelum interval, tetapi ia malah tertinggal saat jeda. Lawan setelah itu bahkan sempat berada di atas angin sebelum situasi berubah.

"Setelah interval saya masih kurang tenang, tetapi perlahan bisa kembali menguasai keadaan. Sempat hilang fokus juga, tetapi masih ada kesempatan yang belum terbuang. Jadi, mencoba fokus lagi untuk memenangi pertandingan," tutur Jojo.

Raihan positif itu merupakan kemenangan keempat Jonatan atas Popov. Tiga kemenangan sebelumnya berturut-turut terjadi di Swis Open dan Kejuaraan Dunia 2022 serta Indonesia Open 2024.

Jonatan akan bersua dengan tunggal tuan rumah yang sedang naik daun, Lei Lan Xi, pada perempat final, Jumat, 20 September 2024.

Lei Lan Xi sebelumnya memulangkan unggulan kedua dan mantan nomor satu dunia, Viktor Axelsen.

Ia kemudian mencapai babak perempat final setelah mengadang jagoan Jepang, Kenta Nishimoto, dalam pertandingan dua gim langsung.

Duel nanti akan menjadi bentrok kedua antara Lei dan Jonatan. Dalam pertemuan pertama mereka di semifinal Hong Kong Open 2024 pekan lalu, ia memaksa Jojo pulang awal usai melewati laga tiga gim.