Bagikan:

JAKARTA - Dua tim yang sama-sama berusaha kembali ke jalur kemenangan setelah menderita kekalahan sebelum jeda internasional akan bertemu di Stadion St Mary's, Southampton, pada Sabtu 14 September, saat Southampton menjamu Manchester United. Terakhir kali kedua tim ini bertemu adalah pada Maret 2023 ketika pertandingan berakhir dengan hasil imbang tanpa gol di Old Trafford.

Southampton adalah salah satu dari dua klub Liga Premier, bersama dengan Everton, yang memasuki jeda internasional tanpa satu pun poin setelah kalah dalam tiga pertandingan pembuka musim baru melawan Newcastle United, Nottingham Forest, dan Brentford.

Kekalahan 0-1  berturut-turut dari Newcastle dan Forest diikuti oleh kekalahan 1-3  dari Brentford dalam pertandingan terakhir mereka dua minggu lalu; Bryan Mbeumo mencetak dua gol, dan Yoane Wissa menambah satu sebelum rekrutan musim panas, Yukinari Sugawara, mencetak gol hiburan bagi Southampton di menit kelima waktu tambahan.

Manajer Southampton, Russell Martin, yang memimpin klub menuju promosi dari Championship melalui babak playoff musim lalu, kini berada di bawah tekanan untuk membalikkan nasib klub. Laporan terbaru menyebutkan bahwa pelatih berusia 38 tahun itu bisa kehilangan pekerjaannya jika hasil tidak membaik sebelum akhir September.

Southampton memiliki empat pertandingan bulan ini, dan Martin menargetkan hasil positif dari setiap pertandingan tersebut. Pertandingan Sabtu di kandang melawan Man United — yang juga tidak meyakinkan pada awal musim ini — akan diikuti oleh laga melawan Everton, tim promosi Ipswich Town, dan rival South Coast, Bournemouth.

AAron Ramsdale

Southampton ingin menghindari menjadi tim Liga Premier pertama yang kalah dalam empat pertandingan pembuka di tiga musim berbeda dalam kompetisi ini (sebelumnya terjadi pada 1998-99 dan 2012-13). Namun, tantangan itu sulit, karena mereka tidak pernah menang dalam 14 pertemuan terakhir dengan Man United di Liga Premier sejak kemenangan tandang 1-0 pada Januari 2016.

Manchester United

Manchester United, setelah menderita dua kekalahan mengecewakan dalam tiga pertandingan Liga Premier pertama mereka, masih belum menunjukkan tanda-tanda kebangkitan besar di bawah asuhan manajer Erik ten Hag sejak ia lolos dari pemecatan oleh Sir Jim Ratcliffe dan kolega musim panas lalu.

Setelah kemenangan tipis 1-0  melawan Fulham, Man United kalah 1-2 dari Brighton & Hove Albion di menit-menit akhir dan kemudian menderita kekalahan 0-3  dari rival sengit Liverpool di Old Trafford sebelum jeda internasional.

Dengan tekanan kembali meningkat pada Ten Hag, manajer asal Belanda itu bersikeras bahwa kritik dari luar "tidak memengaruhinya" dan bahwa musim ini Manchester United harus dinilai pada Mei mendatang, bukan setelah tiga pertandingan di bulan Agustus.

Ten Hag berharap timnya bisa bangkit di pertandingan melawan Southampton di St Mary's, di mana mereka tidak terkalahkan dalam 12 kunjungan terakhir di Liga Premier sejak kalah tipis 1-0 pada Agustus 2003.

Manchester United hanya kalah sekali dalam 30 pertandingan terakhir mereka melawan tim yang baru promosi di Liga Premier (menang 22 kali dan imbang 7), namun dengan hanya satu kemenangan dalam enam pertandingan tandang terakhir, serta kebobolan 16 gol, ada beberapa kekhawatiran.

Southampton masih harus bermain tanpa kiper utama, Gavin Bazunu (cedera Achilles), sehingga Aaron Ramsdale akan tetap mengisi posisi penjaga gawang, sementara Kamaldeen Sulemana juga absen karena cedera pergelangan kaki.

Ben Brereton Diaz yang ditarik lebih awal dalam kualifikasi Piala Dunia melawan Bolivia hanya sebagai keputusan taktis, bukan karena cedera, sehingga dia siap untuk menjadi starter bersama Adam Armstrong atau Cameron Archer. Ross Stewart telah kembali berlatih setelah absen panjang namun masih kekurangan kebugaran.

Flynn Downes, Will Smallbone, dan Joe Aribo memulai pertandingan terakhir di lini tengah, tetapi Martin mungkin mempertimbangkan untuk memberikan tempat di starting XI kepada rekrutan musim panas, Mateus Fernandes dan Adam Lallana.

Di pihak Manchester United, Ten Hag telah mengonfirmasi bahwa Rasmus Hojlund (cedera hamstring) dan Luke Shaw (cedera betis) masih absen, begitu juga dengan Leny Yoro (cedera kaki), Tyrell Malacia (cedera lutut), Victor Lindelof (cedera jari kaki), dan Mason Mount (cedera otot).

Pemain baru, Manuel Ugarte, yang merasa kurang fit sebelum bermain penuh selama 90 menit untuk Uruguay, kini telah pulih dan siap melakukan debutnya melawan Southampton.

Prediksi Susunan Pemain

Southampton: Ramsdale; Harwood-Bellis, Bednarek, Stephens; Sugawara, Fernandes, Downes, Smallbone, Walker-Peters; Brereton Diaz, Archer

Manchester United: Onana; Mazraoui, De Ligt, Martinez, Dalot; Ugarte, Mainoo; Garnacho, Fernandes, Rashford; Zirkzee