Bagikan:

JAKARTA - Barcelona berharap menjaga rekor kemenangan di La Liga Spanyol saat menyambangi markas Girona di Stadion Montilivi, Minggu, 15 September 2024 malam WIB. Barca juga berambisi menuntaskan dendam kekalahan musim lalu.

Girona menjadi mimpi buruk Barca di musim lalu. Pada dua laga, Barca yang masih ditangani Xavi Hernandez menelan kekalahan dengan skor sama 4-2.

Meski Barca menutup kompetisi dengan menduduki peringkat dua atau lebih tinggi dari Girona, namun kekalahan tersebut menodai pencapaian Blaugrana. Girona sendiri menempati posisi tiga dan untuk kali pertama berlaga di Liga Champions.

Kini, Barca kembali datang ke markas Girona dengan rekor gemilang. Pelatih anyar Hansi Flick sukses mengangkat performa Barca dan menorehkan catatan sempurna di kompetisi domestik. Barca selalu meraih kemenangan selama empat laga pertama yang membawa mereka ke puncak klasemen.

Barca sama sekali tidak ada pesaing karena Real Madrid dan Atletico Madrid baru mengoleksi delapan poin. Barca pun suda unggul empat poin saat memasuki pekan kelima. Bila akhirnya menelan kekalahan saat melawan Girona, mereka tetap bertengger di puncak klasemen.

Hanya Barca sudah pasti tidak berpikir soal kalah meski melakoni laga tandang. Sebaliknya, Flick kembali membidik kemenangan.

Bila target itu tercapai dan Barca meraih 15 poin dari lima laga pertama, Flick bakal menjadi salah satu pelatih di klub tersebut yang meraih sukses di awal kompetisi.

Bahkan pencapaian tersebut menjadi pembuktian eks pelatih timnas Jerman ini yang telah mengubah Barca menjadi tim yang kembali diperhitungkan dalam perebutan titel liga. Flick memang sempat diragukan dan dia harus bekerja keras membenahi tim karena klub kurang berhasil dalam perburuan pemain.

Barca hanya menggaet gelandang Dani Olmo untuk menambah kekuatan menghadapi musim baru. Pemain timnass Spanyol ini tak lain eks binaan klub di La Masia yang direkrut dari RB Leipzig. Sebaliknya, Barca gagal memboyong Nico Williams yang sesungguhnya menjadi target klub.

Namun Flick berhasil mengangkat para alumni La Masia, di antaranya Gerard Martín, Sergi Domínguez dan Marc Bernal Begitu pual Marc Casado, Hector Fort dan sudah pasti Pau Cubarsi yang kian mengilap di barisan pertahanan Los Cules.

Laga melawan Girona juga menjadi momen istimewa bagi striker Robert Lewandowski. Penyerang timnas Polandia ini bakal mencapai milestone dengan melakoni laga ke-100 sejak bergabung dengan Barca pada 2022. Dirinya pun akan menjadi pemain Polandia pertama yang melakukannya.

Hanya Girona sesungguhnya bukan lawan enteng Barca. Mereka memang melakukan start buruk setelah ditahan Real Betis 1-1 dan kemudian dipaksa menyerah Atletico dengan skr cukup telak 3-0.

Namun tim asuhan Michel berhasil bangkit dengan menghajar Osasuna 4-0 dan menang 2-0 atas Sevilla. Skuat Girona sendiri sudah berubah.

Tidak ada lagi top skor Artem Dovbyk yang pindah ke AS Roma. Selain itu, Aleix Garcia dan Savio tak lagi bersama Girona. Tampaknya Girona bakal melakoni laga tak mudah di kandang sendiri.