Bagikan:

JAKARTA – Empat atlet boccia Indonesia yang mendapat tiket lolos ke Paralimpiade Paris 2024 semuanya berhasil panen medali.

Kepastian tersebut didapat setelah nomor beregu BC1/BC2 ikut menyumbang satu keping medali perak pada Kamis, 5 September 2024. Kontingen Merah-Putih harus puas menempati podium kedua setelah kalah dramatis 6-7 di babak final melawan China.

Pada nomor beregu ini, Indonesia yang mengandalkan Gischa Zayana, Felix Ardi Yudha, dan Muhammad Afrizal Syafa, membuat kejutan dengan menyingkirkan Britania Raya di perempat final dan Jepang di semifinal.

Ketiga nama itu kemudian bersua dengan Qi Zhang, Zhiqiang Yan, dan Zhijian Lan, di partai pemungkas. Mereka sempat keteteran pada awal permainan sehingga sampai tertinggal dengan skor 0-7.

Indonesia lalu berjuang untuk memperkecil kedudukan dalam dua kesempatan terakhir dengan mengambil enam poin. Sayangnya, perjuangan tersebut berakhir dengan selisih satu poin saja.

Pelatih kepala boccia Indonesia, Islahuzzaman Nur Yadin, mengatakan bahwa kekalahan tersebut karena lawan sanggup memanfaatkan situasi dengan baik pada awal permainan.

"Kami kalah tipis dengan China. Mereka bisa memanfaatkan situasi, lebih siap dari awal permainan. Kami bisa mengejar sampai akhir, tetapi cuma bisa dapat enam poin," kata Islah.

Tambahan satu perak ini membuat Indonesia mendapatkan medali pada empat nomor yang diikuti tim boccia. Perinciannya anak asuh Islah mengantongi dua perak dan dua perunggu.

Islah berharap Indonesia bisa kembali berbicara banyak di Olimpiade Los Angeles 2028. Dia mengatakan bahwa tim boccia akan berkeliling Indonesia untuk mencari atlet potensial baru yang akan diandalkan empat tahun mendatang.

"Semoga pada Paralimpiade Los Angeles, kami bisa lolos dengan atlet yang lebih banyak lagi agar bisa ikut di nomor-nomor lain. Ada banyak nomor di boccia, tapi kami hanya ikut empat nomor. Empat nomor yang kami ikuti semuanya mendapatkan medali," ujar Islah.

Selain ketiga nama di atas, satu atlet boccia lain yang mendapat tiket ke Paris adalah Muhammad Bintang Stria Herlangga. Dia ikut menyumbang satu keping medali perak individual putra BC2.

Daftar medali Atlet Boccia Paralimpiade Paris 2024

Medali Perak

Beregu BC1/BC2

Muhammad Afrizal Syafa, Gischa Zayana, Felix Ardi Yudha

Individual BC2 putra

Muhammad Bintang Satria Herlangga

Medali Perungu

Individual BC1 putra

Muhamad Afrizal Syafa

Individual BC2 putri

Gischa Zayana