Bagikan:

JAKARTA – Atlet para bulu tangkis, Leani Ratri Oktila, mendapat medali kedua di Paralimpiade Paris 2024 setelah merebut perak di sektor tunggal putri klasifikasi SL4.

Atlet berusia 33 tahun itu gagal merebut medali emas keduanya dari ajang ini setelah di final takluk dua gim langsung 14-21 dan 18-21 melawan tunggal China, Cheng He Fang, pada Senin, 2 September 2024, malam WIB.

Perolehan itu merupakan medali perak kelima yang didapat Indonesia atau kesembilan secara keseluruhan di klasemen sementara Paralimpiade Paris 2024.

Adapun buat Ratri, medali perak tersebut adalah medali kedua dia di Paris. Sebelumnya, dia sudah terlebih dahulu mendapat satu medali emas dari para bulu tangkis ganda campuran klasifikasi SL3-SU5 bersama Hikmat Ramdani.

Total, saat ini Indonesia total telah mengoleksi sembilan medali. Perinciannya satu medali emas, lima medali perak, serta tiga medali perunggu.

Empat medali perak lainnya didapat Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah (para bulu tangkis SL3-SU5), Qonitah Ikhtiar Syakuroh (para bulu tangkis tunggal putri SL3), Muhammad Satria Bintang Herlangga (boccia individual putra BC2), dan Saptoyogo Purnomo (para atletik 100 meter putra T37).

Adapun tiga medali perunggu yang diamankan Indonesia, dua di antaranya berasal dari boccia dan satu lainnya dari para bulu tangkis.

Dua dari boccia masing-masing didapat oleh Gischa Zayana (boccia individu putri BC2) dan M. Afrizal Syafa (boccia individual putra BC1). Sementara itu, Subhan/Rina Marlina mendapat satu perunggu dari para bulu tangkis ganda campuran SH6.