Bagikan:

JAKARTA – Atlet-atlet yang mendapat medali di Paralimpiade Paris 2024 total menerima bonus dari Pemerintah sebesar Rp36,2 miliar.

Bonus tersebut secara simbolis diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo saat menerima Kontingan Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada Rabu, 11 September 2024, petang WIB.

"Pertama-tama saya ingin mengucapkan selamat atas perjuangan para atlet di Paralimpiade Paris 2024 yang telah sukses mencetak prestasi gemilang dan memberikan kebanggaan luar biasa bagi bangsa kita," kata Jokowi.

Besaran bonus tersebut terbagi dalam tiga kategori medali yang didapat oleh atlet-atlet. Peraih medali emas menerima angka terbanyak, yakni Rp6 miliar.

Sementara itu, peraih perak dan perunggu masing-masing menerima Rp2,75 miliar serta Rp1,65 miliar. Atlet-atlet yang tidak membawa pulang medali dari Paralimpiade 2024 juga ikut mendapatkan bonus masing-masing sebesar Rp250 juta.

Jumlah ini sama dengan yang diterima oleh semua atlet Olimpiade Paris 2024. Pelatih dan asisten pelatih juga akan mendapatkan penghargaan atas dedikasi dan kerja keras mereka.

"Keberhasilan ini bukan instan, tapi merupakan buah dari proses panjang yang dilakukan. Baik identifikasi bakat dini, pelatihan jangka panjang dan berkelanjutan, serta kerja keras para pelatih, tim pendukung, dan berbagai pihak lainnya," ujar Jokowi.

Indonesia menutup perjalanan Paralimpiade 2024 di peringkat ke-50 klasemen akhir dengan pencapaian satu medali emas, delapan medali perak, dan lima medali perunggu.

Satu-satunya medali emas Indonesia di Paralimpiade 2024 disumbangkan oleh Hikmat Ramdani dan Leani Ratri Oktila dari nomor ganda campuran para bulu tangkis.

Adapun peraih perak adalah Muhammad Bintang Herlangga (boccia), Muhammad Syafa/Felix Ardi Yudha/Gischa Zayana (boccia), Saptoyogo Purnomo (para atletik), Karisma Evi Tiarani (para atletik), Suryo Nugroho (para bulu tangkis), Qonitah Ikhtiar Syakuroh (para bulu tangkis), Leani Ratri Oktila (para bulu tangkis), dan Khalimatus Sadiyah/Fredy Setiawan (para bulu tangkis).

Kemudian atlet peraih perunggu yaitu Muhamad Syafa (boccia), Gischa Zayana (boccia), Fredy Setiawan (para bulu tangkis), Dheva Anrimusthi (para bulu tangkis), dan Subhan/Rina Marlina (para bulu tangkis).