Punya Kekayaan Bersih Rp192 Triliun, Abramovich Gelontorkan Rp6,7 Triliun untuk Beli Properti di Seluruh Dunia
Roman Abramovich (Instagram @romanabramovich)

Bagikan:

JAKARTA - Dengan kekayaan bersih yang mencapai 13,8 miliar dolar AS atau setara Rp192 triliun, Roman Abramovich tentunya mampu membeli apapun yang dia mau. Sembari berinvestasi di Chelsea dan menyumbangkan sejumlah besar uang untuk amal, dia dikenal suka membeli berbagai macam properti.

Abramovich mengeluarkan setidaknya 340 juta poundsterling (Rp6,7 triliun) untuk berbagai properti di seluruh dunia. Pria Rusia itu memiliki setidaknya rumah seharga 200 juta poundsterling di London dan Inggris. Dia juga memiliki properti di Prancis, Rusia, AS, dan Karibia.

Daftar properti mewah milik Abramovich meliputi rumah besar di belakang Istana Kensington seharga 125 juta poundsterling. Creme de la creme memiliki 15 kamar tidur.

Lalu, sebuah apartemen seharga 22 juta poundsterling yang terletak di menara Chelsea Waterfront milik Sir Terry Farrell. Dengan pemandangan kota 360 derajat, ruang seluas 6.000 meter persegi, dan jendela setinggi langit-langit, tak perlu heran jika pemilik Chelsea tertarik untuk memiliki apartemen ini.

Kemudian, Fyning Hill Estate seharga 18 juta poundsterling. Terdiri dari lima rumah dan sembilan pondok, serta rumah besar dengan delapan kamar tidur yang berdiri di atas tanah seluas 424 hektare, properti ini ini harus diserahkan kepada mantan istrinya dalam upaya penyelesaian perceraian mereka.

Fyning Hill Estate (Foto: Daily Star)

Investasi lain yang lebih baru dari Abramovich adalah sebuah flat di Cheyne Terrace seharga 8,75 poundtserling. Properti 'sederhana' di London barat ini dilengkapi gudang anggur dengan suhu terkontrol, gym, dan spa.

Sementara itu, Chateau de la Croe, properti di selatan Prancis yang pernah menjadi tuan rumah Duke of Windsor dan Winston Churchill di masa lalu bernilai 87 juta poundsterling.

Dengan kolam renang di puncak gedung dan gym serta bioskop berada di ruang bawah tanah, ini hanyalah salah satu dari banyak rumah liburan Abramovich.

Jangan lupakan pula peternakan ski Colorado seluas 200 hektar di Wildcat Ridge, dekat Aspen, seharga 18 juta poundsterling yang dibeli Abramovich pada tahun 2008. Resor yang sangat disukai para bintang Hollywood ini memiliki 11 kamar tidur dan 12 kamar mandi.

Peternakan ski Colorado (Foto: Daily Star)

Jika ini dirasa belum cukup, Abramovich membeli penginapan ski senilai 5,6 juta poundsterling di ujung jalan ketika dia ingin bermain ski di musim dingin.

Perkebunan St Bart mungkin yang paling menyita perhatian penggemar sepak bola di Indonesia. Seharga 54 juta poundsterling, perkebunan ini dibangun dengan gaya pedesaan Bali. Terletak di hutan lebat, Gouverneur Bay Estate memiliki empat bungalow, serta suite utama, dan akses ke panggung outdoor pantai pribadi, bioskop outdoor, dan dua lapangan tenis.

Perkebunan St Bart bergaya pedesaan Bali (Foto: Daily Star)

Ada pula Hotel Tel Aviv seharga 17 juta poundsterling yang dibeli Abramovich pada tahun 2015 dari pengusaha Yaron Varsano, suami bintang Wonder Woman Gal Gadot. Dia berencana untuk mengubah properti di ibu kota Israel ini menjadi rumah besar dengan 12 kamar tidur dan menambahkan sayap dua lantai.

Abramovich juga memiliki sebuah rumah besar di Moskow dan berbagai properti di seluruh Rusia. Tetapi, ini hanya sebagian kecil yang diketahui tentang portofolionya di tanah airnya.

Dia juga berinvestasi di berbagai New York City Townhouse dengan harga gabungan 75 juta poundsterling, tetapi menjualnya kepada mantan istrinya, Dasha Zhukova dengan harga sedikit lebih rendah dari pengeluaran awal.