Bagikan:

JAKARTA - Liverpool sukses merekrut kiper Valencia Giorgi Mamardashvili meski baru akan bergabung musim depan. Setelah menggaet Mamardashvili, Liverpool kemudian menjadikan pemain depan Juventus Federico Chiesa sebagai target berikutnya.

Liverpool akhirnya mencapai kesepakatan dengan Valencia untuk transfer Mamardashvili yang membawa Georgia ke 16 besar Euro 2024. Liverpool sesungguhnya sudah mengincar kiper berusia 23 ini saat masih berlaga di Piala Eropa.

Performa gemilang Mamardashvili menjadikan Liverpool kepincut untuk merekrutnya. Dia diproyeksikan menggantikan kiper Alisson Becker yang kontraknya berakhir dua tahun lagi.

Alisson sendiri sudah diincar klub Arab Saudi. Hanya kiper timnas Brasil ini menolak tawaran yang sesungguhnya sangat menggiurkan itu. Namun tidak menutup kemungkinan Alisson bermain di Liga Pro Arab Saudi sebelum masa kontraknya di Liverpool berakhir.

Untuk pembelian Mamardashvili, Liverpool harus merogoh kocek 30 juta euro. Ini masih ditambah bonus berdasarkan penampilan pemain sebesar 5 juta euro. Dengan demikian, transfer Mamardashvili bisa mencapai 35 juta euro atau sekira 602 miliar rupiah.

Hanya sang kiper yang sudah bermain 102 kali bersama Valencia tak langsung bergabung dengan Liverpool. Dirinya tetap bermain di Los Che sampai akhir kompetisi La Liga Spanyol. Mamardashvili baru akan pindah ke Anfield untuk bermain di Premier League Inggris pada musim 2025/2026.

"Liverpool telah mencapai kesepakatan untuk transfer Giorgi Mamardashvili yang saat ini tengah penyelesaian izin kerja. Kiper Valencia ini akan pindah ke Anfield pada musim 2025/2026," demikian keterangan resmi Liverpool.

"The Reds memastikan kiper berusia 23 ini tetap di Spanyol dan bermain di Los Che sebelum pindah ke Merseyside musim depan," demikian penjelasannya.

Perekrutan pertama Liverpool dan untuk posisi kiper ini mendapat dukungan dari Alisson. Menurut dia langkah Liverpool mendatangkan kiper merupakan bagian dari rancangan tim di musim mendatang. Pasalnya kiper berusia 31 ini menyatakan dirinya tidak akan berlama-lama di Liverpool yang diperkuatnya sejak 2018.

"Menurut saya, klub memang harus mempersiapkan diri menghadapi masa depan. Kami tidak akan selamanya di sini," kata Alisson.

"Ini juga menjadi langkah tepat [merekrut Mamardashvili]. Saya sudah tahu tentang hal itu sebelum informasinya beredar di media sosial. Saya pun sudah memikirkan hal itu. Dan ternyata klub juga memikirkannya," ucap dia lagi.

Setelah menggaet Mamardashvili, Liverpool membidik Chiesa. Juventus berniat melepas pemain sayap berusia 26. Apalagi, pelatih Thiago Motta menyatakan Chiesa tak lagi masuk rancangan tim. Pemain timnas Italia ini sudah tak punya masa depan di Bianconeri meski kontraknya masih dua tahun lagi.

Chiesa sesungguhnya pemain sayap potensial yang direkrut Juve dari Fiorentina pada 2022. Namun cedera ACL yang dialaminya membuat anak dari eks striker Italia Enrico Chiesa ini menepi cukup lama. Performa dia pun tak lagi maksimal seperti semula.

Meski demikian, Chiesa tercatat sudah bermain 131 bersama La Vecchia Signora. Dia sudah mencetak 34 gol dan membuat 25 assists. Di timnas, Chiesa bermain 51 kali dan mengemas tujuh gol.

Liverpool menunjukkan keseriusannya memboyong Chiesa dan siap memberikan kontrak berdurasi empat tahun. Di sisi lain Juve berniat segera melepas pemainnya. Bila tidak harga Chiesa kian menurun. Klub Serie A Italia ini sendiri sudah mematok harga 15 juta euro.