Bagikan:

JAKARTA – Pebalap belia milik Indonesia, Fadillah Arbi Aditama, dipastikan akan ikut meramaikan balapan kelas Moto3 dalam Grand Prix (GP) Aragon yang berlangsung akhir pekan ini.

MotoGP Grand Prix Aragon dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Ciudad del Motor de Aragon atau yang dikenal dengan MotorLand Aragon di Spanyol, pada Minggu, 1 September 2024.

Ini kedua kalinya Arbi beradu cepat di lintasan Grand Prix musim 2024. Satu penampilan lainnya ia lakukan ketika mendapat wildcard untuk tampil di Moto3 Catalunya 2024 pada Mei 2024.

Arbi mengatakan bahwa GP Aragon akan menawarkan kesempatan fantastis untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman di kategori Moto3. Terlebih saat tampil di Catalunya. ia belum sepenuhnya pulih dari cedera.

"Wildcard pertama saya di Catalunya tak berjalan sesuai harapan karena saya tidak 100 persen bugar akibat cedera yang saya alami sebelum Grand Prix," ujar Arbi dalam keterangan Honda Team Asia.

Arbi mengaku saat ini kondisi fisiknya jauh lebih bugar sehingga ia ingin bisa maksimal untuk membayar kepercayaan yang diberikan oleh tim kepadanya.

"Saya percaya diri dan siap memberikan yang terbaik di lintasan Spanyol serta mengincar hasil positif. Saya akan berusaha sebaik mungkin untuk belajar sebanyak mungkin dari pengalaman ini sebagai wildcard," kata dia.

Arbi memulai karier balap internasional di Asia Talent Cup pada musim 2021 ketika masih berusia 15 tahun. Adapun saat ini dia memasuki musim keduanya bersaing di ajang FIM JuniorGP.

Manajer Tim Honda Team Asia, Hiroshi Aoyama, cukup yakin dengan kemampuan pebalap Astra Honda Racing Team ini. Ia percaya Arbi bisa bersaing pada balapan Moto3 Aragon 2024 dalam kondisi yang lebih fit.

"Dalam penampilan pertamanya di GP Catalan awal tahun ini, kondisi fisiknya tidak optimal karena cedera yang dialaminya saat latihan sesaat sebelum acara."

"Namun, kini ia tampak dalam kondisi yang jauh lebih baik dan siap menunjukkan potensinya yang sebenarnya di atas motor," ucap Aoyama.

Arbi merupakan satu dari dua pebalap Indonesia yang akan tampil di Aragon pada akhir pekan nanti. Satu nama lainnya yang ikut unjuk gigi adalah Mario Aji, yang turun di kelas Moto2.