Bagikan:

JAKARTA – Indonesia meloloskan sebanyak 10 cabang olahraga (cabor) ke Paralimpiade Paris 2024 yang akan berlangsung pada 28 Agustus sampai 8 September 2024.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, sudah secara resmi mengukuhkan dan melepas Kontingen Paralimpiade Indonesia pada Kamis, 15 Agustus 2024.

Ada 26 atlet dari delapan cabang olahraga yang hadir dalam acara tersebut, yang berlangsung di Paralympic Training Center, Delingan, Kabupaten Karanganyar.

Sementara itu, dua cabang olahraga lainnya yang masing-masing dengan lima atlet dari panahan dan empat atlet boccia sudah terlebih dahulu berangkat ke Perancis pada 5 Agustus 2024.

Jumlah cabor dan atlet yang lolos tahun ini meningkat dibanding keikutsertaan di Olimpiade Tokyo 2020 yang ditunda setahun karena pandemi corona. Ketika itu, Indonesia mengirim 23 atlet dari tujuh cabor.

Chef De Mission (CdM) Indonesia, Reda Manthovani, mengatakan bahwa Kontingen Indonesia menargetkan membawa pulang satu medali emas, dua medali perak, dan tiga medali perunggu dari Paralimpiade 2024.

"Kami meyakini target ini dapat tercapai dengan upaya serta persiapan matang dan serius yang telah dilakukan seluruh olahragawan, ofisial, serta seluruh pihak terkait," kata Reda.

Atlet-atlet yang berangkat didampingi oleh 62 ofisial yang terdiri dari 31 tim kepelatihan, delapan manajer, empat tim medis, dua deputi chef de mission, 11 tim chef de mission, dan enam tim media.

Paralimpiade 2024 merupakan edisi ke-17 sejak pertama kali digelar di Roma 1960. Rombongan besar Kontingen Indonesia akan bertolak ke Perancis pada Selasa, 20 Agustus 2024.

Daftar Cabor Lolos Paralimpiade Paris 2024

  1. Para Bulu Tangkis
  2. Para Panahan
  3. Para Atletik
  4. Para Renang
  5. Para Boccia
  6. Para Balap Sepeda
  7. Para Menembak
  8. Para Tenis Meja
  9. Para Angkat Berat
  10. Para Judo Tunanetra