Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengabarkan progres pembangunan Training Centre (TC) PSSI di IKN (Ibu Kota Nusantara). Menurutnya, arena latihan tersebut sudah bisa digunakan oleh Timnas Indonesia mulai September 2024.

Bukan sekadar digunakan latihan, Jokowi juga menjelaskan bahwa di lokasi TC telah disediakan asrama bagi para pemain.

"Saya kemarin menanyakan ke Ketua Umum PSSI, September 2024 akan dipakai. Soalnya, ini 'kan sudah jadi 2,5 lapangan," kata Presiden Joko Widodo dalam keterangannya usai meninjau TC PSSI di IKN dikutip pada Rabu, 14 Agustus 2024.

Soal jumlah 2,5 lapangan yang disebutkan Jokowi, hal itu mengacu kepada kondisi lapangan yang terdiri dari lapangan rumput asli, rumput sintetis, dan setengah lapangan yang akan dipakai untuk urusan teknis.

"Saya kira 2,5 lapangan ini lebih dari cukup. Meskipun nanti rencananya ada delapan lapangan, ada yang dari PSSI, FIFA, AFC. Jadi, banyak sumbangan, bagus," ujar Jokowi lagi.

Dibangun dengan standar internasional dan diawasi FIFA, pembangunan TC PSSI ini merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan prestasi sepak bola Indonesia.

Nantinya, lokasi tersebut akan jadi daerah terpusat bagi para pemain dan staf pelatih untuk dapat berlatih serta berkembang.

TC PSSI di IKN diharapkan jadi lingkungan pendukung yang akan dilengkapi infrastruktur terkini serta metodologi latihan terbaik.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menargetkan seluruh pembangunan TC PSSI di IKN tahap pertama harus rampung pada 7 Oktober 2024.

Adapun proyek ini didukung dari dana hibah program FIFA Forward sebesar 1,25 juta dolar Amerika Serikat atau setara Rp19,2 miliar.