Bagikan:

JAKARTA – Pertamina Enduro VR46 Racing Team resmi menjadi tim satelit utama Ducati menggantikan Pramac Racing mulai musim balapan MotoGP 2025.

Kerja sama antara tim milik Valentino Rossi dengan pabrikan yang berbasis di Borgo Panigale, Italia, ini diumumkan pada Jumat, 2 Agustus 2024. Kedua belah pihak terikat dalam kontrak multitahun.

Direktur Tim Pertamina Enduro VR46 Racing Team, Alessio Salucci, menyambut gembira kerja sama ini karena hanya dalam waktu tiga tahun sejak berdiri timnya langsung mendapat kepercayaan.

"Saya merasa bangga untuk mengumumkan bahwa mulai tahun depan Pertamina Enduro VR46 Racing Team akan menjadi tim satelit utama Ducati di MotoGP," ujar Alessio Salucci.

Ducati memberikan kepercayaan ini dengan acuan hasil kerja keras seluruh kru teknis Tim Pertamina VR46. Salah satunya adalah hasil tiga kemenangan pada 2023.

Di garasi Pertamina Enduro VR46 nanti akan ada satu motor resmi dan motor Ducati Desmosedici GP24. Selain itu, mereka juga akan didukung oleh staf teknis baru dari Ducati.

"Jika beberapa tahun lalu ada yang mengatakan ini, saya tidak akan memercayainya. Ini adalah momen yang sangat berarti bagi seluruh tim, mencapai hasil ini hanya dalam tiga tahun," ujar Alessio Salucci.

Ia lebih lanjut mengucapkan terima kepada semua pekerja dan mitra tim yang mendukung sehingga pada usia yang masih begitu belia langsung menjalin kerja sama dengan tim papan atas.

"Kami menghadapi tahun-tahun penuh tantangan ke depannya, tetapi kami tidak sabar untuk menguji diri kami sendiri dan berusaha mencapai hasil yang lebih ambisius," kata Salucci lagi.

Pertamina Enduro VR46 pada musim 2024 ini tengah diperkuat Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi. Keduanya saat ini ada di posisi ke-12 dan kedelapan klasemen pebalap sementara.