Bagikan:

JAKARTA – Timnas Voli Indonesia gagal merebut peringkat ketiga Asia Volleyball Championship (AVC) U-20 2024 setelah kalah melawan Jepang.

Garuda Muda mengakhiri perjalanan mereka di turnamen ini dengan kekalahan 1-3 (23-25, 27-25, 25-18, dan 25-20) di Jawa Pos Arena, Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa, 30 Juli 2024, malam WIB.

Indonesia sebenarnya memulai pertandingan dengan begitu bagus. Mereka minim sekali membuat kesalahan sehingga bisa menang pada set pertama atas Negeri Sakura.

Laga juga berjalan alot pada set kedua karena Indonesia sempat memimpin 24-22. Namun, momentum tersebut tidak bisa dipertahankan oleh pasukan Liu Qiu Jiang itu.

Pada dua set berikutnya, Indonesia tampil melempem. Sebaliknya, Jepang memperlihatkan permainan yang begitu solid dan mampu mengeksploitasi pertahanan yang kurang bagus dari Indonesia.

Indonesia sebelumnya juga kalah melawan Jepang ketika mereka bertemu di babak klasifikasi. Pada fase tersebut, pasukan Garuda Muda menyerah dengan skor 0-3.

Pada turnamen ini, Indonesia menjuarai Pool A pada babak preliminary. Mereka lalu menjadi runner-up Pool E mengekori Jepang untuk merebut satu tiket ke final four.

Walaupun gagal juara, Indonesia dipastikan mendapat tiket Kejuaraan Dunia Bola Voli U-21 2025. Garuda Muda lolos ke ajang besar tersebut bersama Jepang, Iran, dan Korea Selatan.

Pencapaian tersebut memenuhi target Indonesia. Sebelum kejuaraan ini berlangsung, PBVSI memang memasang target lolos ke Kejuaraan Dunia U-21 2025.

Tuan rumah ajang tersebut sejauh ini belum diumumkan oleh FIVB. Namun, Indonesia sudah mengajukan diri untuk menjadi penyelenggara dari ajang bergengsi itu.