Bagikan:

JAKARTA - Persib Bandung gagal melaju ke semifinal Piala Presiden 2024. Mereka cuma mengakhiri babak grup di peringkat ketiga dengan koleksi tiga poin dari tiga laga.

Kekalahan atas Persis Solo 0-1 pada laga pemungkas Grup A, Kamis, 25 Juli 2024, di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, membuat mereka gagal memanfaatkan kesempatan terakhir untuk berebut tiket fase gugur.

Penampilan mereka terbilang antiklimaks selama fase grup. Maung Bandung meyakinkan di laga pertama dengan membungkam PSM Makassar 2-0.

Namun, penampilan mereka menurun di dua laga setelahnya. Persib bahkan tidak bisa mencetak gol dan kalah dengan skor identik 0-1.

Penyelesaian akhir ternyata menjadi masalah serius. Maung Bandung bisa menciptakan banyak peluang di dua laga melawan Borneo FC dan Persis Solo, tapi gagal berbuah gol.

"Saya sudah menyampaikan sejak sebelum pertandingan, kami sudah meminta pemain untuk memerhatikan beberapa hal."

"Kami menunjukkan perkembangan dengan memiliki banyak peluang. Kekurangannya adalah kami tidak bisa mencetak gol," kata asisten pelatih Persib, Igor Tolic selepas laga melawan Persis.

Tolic mengambil contoh ketika melawan Persis bagaimana pertahanan rapat lawan membuat Maung Bandung kesulitan mengonversi peluang menjadi gol.

Apalagi, situasinya Persib tengah tertinggal 0-1. Persis pun menumpuk pemain dan menurunkan garis pertahanan.

"Kami bermain sedikit menunggu di babak kedua dan menempatkan bola di belakang garis pertahanannya untuk menemukan celah. Namun, tim lawan menurunkan garis pertahanannya. Usaha crossing juga belum berhasil," ujar Tolic.

"Babak kedua juga kami punya cukup banyak peluang. Pada dasarnya jika tidak bisa mencetak gol maka kami tidak bisa menang," tuturnya lagi.

Saat melawan Borneo, kondisi Persib tak jauh berbeda. Mereka minim dalam penguasaan bola (34:66), tapi punya efektivitas dalam penyerangan.

Maung Bandung punya lebih banyak tembakan ke gawang ketimbang Pesut Etam (4:2), tapi upaya mereka tidak ada yang berbuah hasil.