Bagikan:

JAKARTA - Olimpiade Paris 2024 mulai bergulir pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. Meski ada sejumlah cabang olahraga yang lebih dulu memulai turnamen, upacara pembukaan akan digelar pada Jumat, 26 Juli 2024, malam waktu setempat.

Upacara pembukaan Olimpiade 2024 digelar di Sungai Seine pukul 19.30 waktu Paris atau Sabtu, 27 Juli 2024, pukul 00.30 WIB.

Siaran langsung upacara pembukaan Olimpiade 2024 itu bisa disaksikan melalui stasiun televisi SCTV dan live streaming di Vidio.

Pada pergelaran kali ini, ada lebih dari 10 ribu atlet dari 206 negara yang akan bertanding dalam 329 nomor di 32 cabang olahraga.

Upacara pembukaan Olimpiade kali ini cukup berbeda dari sebelumnya. Jika biasanya upacara pembukaan Olimpiade digelar di dalam stadion, maka Paris 2024 menciptakan sejarah baru lantaran menjadi ajang Olimpiade pertama yang upacara pembukaannya digelar di luar stadion.

Upacara pembukaan akan berlangsung di Sungai Seine yang terletak di depan Menara Eiffel. Ada juga parade upacara pembukaan Olimpiade 2024 akan berlangsung di Trocadero.

Selain akan melibatkan lebih dari ribuan orang dalam kemeriahan upacara pembukaan, artis ternama dunia juga turut hadir. Lady Gaga dikabarkan menjadi salah satu pengisi acara upacara pembukaan Olimpiade 2024.

Selain itu, ada juga Celine Dion. Namun, hingga kini konfirmasi status kedua artis sebagai pengisi acara ditutup rapat-rapat pihak panitia.

Satu hal yang sudah pasti dikonfirmasi adalah kehadiran penyanyi asal Perancis, Aya Nakamura. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Perancis, Emmanuel Macron, yang mana acara ini juga akan diisi oleh total tiga ribu penari dan artis pendukung.

Sejumlah tokoh dunia pun akan hadir di upacara pembukaan Olimpiade 2024, salah satunya First Lady Jill Biden. Selain itu, ada Perdana Menteri Inggris Keir Starmer, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Presiden Finlandia Alexander Stubb, dan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis.

Melihat banyaknya kehadiran orang-orang penting, upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 bakal menerapkan keamanan super ketat. Apalagi mengingat bahwa acara ini digelar di tengah dua konflik besar antara Palestina dan Israel serta Rusia dan Ukraina.

Tujuh ribu atlet akan ikut defile dan diprediksi 300 ribu penonton bakal hadir. Maka dari itu, Pemerintah Perancis telah menyiapkan keamanan yang benar-benar matang.

Sebanyak 45 ribu anggota kepolisian, 10 ribu tentara, dan dua ribu petugas keamanan swasta dipersiapkan untuk mengamankan upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024.