Bagikan:

JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, tak menutupi perasaan bahagia usai timnya sukses menang besar atas Filipina U-19.

Pada laga perdana Grup A Piala AFF U-19 2024 yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu, 17 Juli 2024, malam WIB, Skuad Garuda Muda menang 6-0.

Namun, hasil positif itu justru membuat sang pelatih waswas. Indra Sjafri senang, tapi ia menyampaikan sebuah permohonan kepada para media dan masyarakat Tanah Air terkait pencapaian timnya.

Sang Pelatih meminta agar para pemainnya tak dibesar-besarkan atau diberikan pujian berlebihan.

Alasan sang pelatih cukup jelas. Dia merasa bahwa sanjungan yang berlebihan bisa membuat pemainnya merasa jemawa.

Padahal, kemenangan atas The Azkals itu masih sangat awal mengingat perjuangan di Piala AFF U-19 2024 masih sangat panjang.

"Terakhir, kita bangun tim ini bersama-sama, kawal mereka, tidak usah dipuja-puji. Jadi, nanti saya mohon dengan sangat kepada para awak media, jangan sampai para pemain ini merasa jemawa di laga perdana ini, terus merasa hebat," kata Indra Sjafri dalam keterangannya usai laga dikutip pada Kamis, 18 Juli 2024.

"Kami masih butuh waktu panjang untuk menyiapkan generasi baru pemain-pemain Timnas Indonesia," ujarnya.

Pada laga perdana Grup A Piala AFF U-19, keran gol Indonesia U-19 dibuka oleh Arlyansyah Abdulmanan pada menit ke-13.

Kemudian, Iqbal Gwijangge menggandakan keunggulan pada menit ke-21 disusul Kadek Arel pada menit ke-29.

Iqbal Gwijangge kembali mengukir namanya di papan skor usai membobol gawang lawan pada menit ke-43. Begitu pun dengan Arlyansyah, dia sukses mencetak brace pada menit ke-51.

Terakhir, kemenangan Timnas Indonesia U-19 ditutup dengan gol manis dari pemain naturalisasi, Jens Raven, pada menit ke-88.

Soal gol perdana Raven buat Indonesia U-19, Indra Sjafri pun menyambutnya dengan positif. Bagi sang pelatih, Raven bisa membuktikan performanya meski turun dari bangku cadangan.

"Tentu saya bersyukur, Jens Raven hanya bermain 15 menit bisa bikin satu gol," kata Indra Sjafri.

Setelah jumpa Filipina U-19, perjuangan Indonesia U-19 berlanjut dengan menghadapi Kamboja U-19 pada Sabtu, 20 Juli 2024, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pukul 19.30 WIB.