Bagikan:

JAKARTA - Transfer Mason Greenwood dari Manchester United ke Olympique de Marseille tinggal sedikit lagi rampung.

Marseille sepakat membayar 27 juta pound ditambah 3,2 juta pound dan klausul penjualan kembali sebesar 50 persen.

Lucunya, jika resmi hijrah ke klub Ligue 1 itu, Greenwood malah diagendakan pulang kampung lagi ke Inggris.

Soalnya, Marseille akan diundang memainkan laga persahabatan pramusim dengan klub Championship, Sunderland.

Partai itu dilangsungkan di Bradford City's Valley Parade pada 3 Agustus 2024. Menariknya, Bradford merupakan tempat kelahiran Greenwood.

Alasan pertandingan persahabatan ini diadakan di sana karena stadion Sunderland, Stadium of Light, belum siap untuk dipakai.

Selain itu, pemilihan Bradford City's Valley Parade lantaran stadion tersebut pas untuk memperingati 15 tahun meninggalnya ayah dari pemilik Sunderland, Kyril Louis-Dreyfus.

Ayah Louis-Dreyfus, Robert, adalah pemegang saham mayoritas Marseille antara tahun 1996 dan 2009. Kedua klub bertemu dalam laga persahabatan untuk memperingati warisannya.

"Kenangan masa kecil saya yang paling awal adalah tentang Olympique Marseille dan kecintaan saya pada sepak bola lahir dari hubungan ayah saya dengan klub tersebut."

"Seperti Sunderland, Marseille adalah kota yang hidup dan bernafaskan sepak bola 24/7. Merupakan suatu kehormatan untuk mempertemukan kedua klub yang paling dekat di hati saya untuk merayakan kehidupan ayah saya."

"Sangat disayangkan kami tidak bisa bermain di Stadium of Light karena perkembangan yang sedang kami lakukan."

"Kami menghargai dukungan Bradford City dalam menjadi tuan rumah pertandingan, yang saya yakin juga akan menjadi ujian berat bagi tim kami menjelang pertandingan musim baru," kata Kyril Louis-Dreyfus menanggapi acara tersebut.

Sementara itu, Greenwood memang putra asli Bradford, West Yorkshire. Dia lahir di Distrik Wibsey dan bersekolah tak jauh dari tempat tinggalnya, yaitu Appleton Academy di Distrik Wyke.

Dia mulai melatih keterampilan sepak bolanya di lapangan Bradford Park Avenue ditemani saudara perempuannya, Ashton, yang memilih berlari di area lintasan 400 meter.

Greenwood akhirnya bergabung dengan akademi pengembangan Manchester United di Halifax, West Yorkshire, pada usia enam tahun.