Bagikan:

JAKARTA -Kanada dan Uruguay akan bertarung untuk memperebutkan tempat ketiga di CONMEBOL Copa América 2024 pada Sabtu 13 Juli atau Minggu 14 Juli 08.00 WIB di Bank of America Stadium di Charlotte, North Carolina.

Kanada dan Uruguay akan berhadapan untuk memperebutkan posisi di podium. Pemenang akan menemani Argentina dan Kolombia akan bermain di Final pada 14 Juli di Hard Rock Stadium di Miami Gardens, Florida untuk menentukan pemenang dan runner-up turnamen ini.

Perjalanan impresif Kanada dan Uruguay di CONMEBOL Copa América™ kini mencapai puncaknya  untuk meraih tempat ketiga di akhir turnamen. Baik Kanada maupun Uruguay telah menikmati perjalanan yang mengesankan hingga mencapai Semifinal, dipimpin oleh pelatih Jesse Marsch dan Marcelo Bielsa.

Kanada memiliki kesempatan untuk menyamai pencapaian Honduras sebagai tim undangan dengan finish terbaik kedua di tempat ketiga pada penampilan pertama mereka dalam kompetisi ini. Setelah mencapai babak knockout dengan keluar dari Grup A yang sulit yang mencakup Peru, Chili, dan Argentina, Kanada kemudian mengalahkan Venezuela lewat adu penalti di Perempat Final untuk mencapai Semifinal.

Meskipun mereka tidak berhasil mengalahkan juara bertahan Argentina, tim Concacaf ini tetap membanggakan negaranya dan kini memiliki kesempatan untuk meraih medali perunggu.

Lawan mereka, Uruguay, juga meraih tempat di pertandingan perebutan tempat ketiga setelah turnamen yang sangat impresif. Tim asuhan Bielsa, La Celeste, memenangkan semua pertandingan di babak grup melawan Panama, Bolivia, dan Amerika Serikat sebelum mengalahkan Brasil lewat adu penalti di Perempat Final.

Kekalahan yang sengit melawan Kolombia di Semifinal membuat mereka gagal mencapai pertandingan terakhir turnamen, namun mereka tetap bersemangat untuk meraih podium dan meninggalkan edisi ini dengan kemenangan.

Dalam laga ini Uruguay memiliki keunggulan melawan rival Concacaf di CONMEBOL Copa América™. Namun, La Celeste tidak pernah menang dalam tiga pertandingan eliminasi terakhir untuk merebut tempat ketiga. Mereka  kalah 1-3 dari Meksiko di pertandingan perebutan tempat ketiga 2007, imbang 2-2 melawan Honduras dan kalah dalam adu penalti di pertandingan perebutan tempat ketiga 2001, dan kalah 1-2 dari Meksiko di semifinal 2001.

Uruguay sendiri telah berpartisipasi dalam tiga pertandingan perebutan tempat ketiga di CONMEBOL Copa America™, mencatatkan hasil yang berbeda setiap kali: menang (2-1 melawan Kolombia pada 2004), imbang (2-2 melawan Honduras pada 2001 dengan kalah dalam adu penalti), dan kalah (1-3 melawan Meksiko pada 2007). Kemenangan pada 2004 mewakili kampanye terbaik kedua Uruguay di Copa di abad ke-21 (hanya kalah oleh gelar juara pada 2011).

Kanada bisa menjadi negara Concacaf ketiga yang meraih hasil positif dalam pertandingan perebutan tempat ketiga, setelah Meksiko (pada 1997, 1999, dan 2007) dan Honduras (menang lewat adu penalti pada 2001). Jika berhasil, Kanada akan memiliki kampanye terbaik kedua dari negara di luar CONMEBOL dalam debut edisi Copa América™, menyamai Honduras pada 2001 dan hanya kalah oleh Meksiko pada 1993 (runner-up).

Dalam dua edisi CONMEBOL Copa América™ yang diselenggarakan oleh negara Concacaf, tim dari konfederasi tersebut berpartisipasi dalam pertandingan perebutan tempat ketiga (AS pada 2016, Kanada pada 2024). Timnas AS kalah dari Kolombia pada 2016 (0-1).

Uruguay memiliki rata-rata tembakan per pertandingan tertinggi di antara tim yang mencapai semifinal CONMEBOL Copa America 2024 (14,6). Di sisi lain, Kanada memiliki rata-rata terendah di antara empat tim tersebut (9,8). Kedua tim mencatatkan akurasi tembakan yang serupa selama turnamen: 32,9% untuk Uruguay dan 32,7% untuk Kanada. 

Perkiraan Susunan Pemain Kanada: Crepeau; Davies, Cornelius, Bombito, Johnston; Osorio, Eustaquio; Shaffelburg, David, Laryea; Larin

Uruguay: Rochet; Caceres, Gimenez, Olivera, Vina; Valverde, Ugarte; Pellistri, De Arrascaeta, Araujo; Nunez

Wasit: Alexis Herrera (VEN)

Asisten wasit: Lubin Torrealba dan Alberto Ponte (VEN)

Wasit keempat: Gery Vargas (BOL)

VAR: Derlis López (PAR)