Bagikan:

JAKARTA – Lifter Indonesia Rizki Juniansyah masih punya dua persiapan terakhir sebelum tampil di panggung Olimpiade Paris 2024, yang berlangsung pada 26 Juli sampai 11 Agustus 2024.

Rizki mengatakan bahwa salah satu yang harus dilakukan ialah menurunkan berat badan. Dengan sisa waktu yang ada, ia pun yakin bisa melakukan hal itu.

"Kalau berat saat ini 75 kilogram. Kurang lebih saya harus kurangi dua kilo lagi karena nanti tanding buat kelas 73 kilogram. Bagi saya masih bisa," ujar dia.

Upaya untuk menurunkan berat badan bisa dilakukan Rizky ketika menjalani pemusatan latihan di Paris nanti. Sang atlet rencananya akan bertolak ke sana lebih awal.

Atlet berusia 21 tahun tersebut mengatakan bahwa di Perancis nanti dia pun akan mencari atlet tuan rumah untuk latih tanding sebagai persiapan terakhirnya sebelum tampil.

"Teman sparring-nya yang tentunya setara dengan saya, tetapi belum tahu lawannya. Dia kemungkinan lifter yang tidak masuk Olimpiade," ujar atlet kelahiran Banten itu.

Rizki termasuk salah satu atlet yang diandalkan Indonesia untuk mendapat medali emas di Paris nanti. Peluangnya cukup besar karena dia saat ini memegang rekor total angkatan di kelasnya.

Pada Olimpiade Paris 2024, Rizki akan mendapat lawan berat dari lifter China, Shi Zhiyong. Atlet tersebut adalah pemegang rekor di angkatan snatch dengan 169 kilogram.

Selain itu, ada juga Masanori Miyamoto (Jepang), Joohyo Bak (Korea Selatan), Luis Zavier Mosquera Lozano (Kolombia), Julio Ruben Mayora Perna (Venezuela), dan Bozhidar Dimitrov Andreev (Bulgaria).