Bagikan:

JAKARTA - Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) melanjutkan akhir pekan kejayaannya di Motul TT Assen dengan kemenangan di Sprint Tissot pada Sabtu 29 Juni. Raihan ini, menjadikannya kemenangan berturut-turut di hari Sabtu untuk pertama kalinya dalam kariernya.

Jorge Martin (Prima Pramac Racing) mengikutinya di posisi kedua, membatasi kerugian dalam klasemen, namun kini keduanya hanya terpaut 15 poin. Maverick Vinales (Aprilia Racing) melengkapi podium Sprint dengan kecepatannya yang terus mengesankan di Katedral, sementara drama menimpa Marc Marquez (Gresini Racing MotoGP™) yang terjatuh di awal balapan.

Saat balapan dimulai, Bagnaia mempertahankan posisinya dari pole position, sementara Martin tetap di posisi kedua namun Alex Marquez menyerang dan mengambil alih posisi ketiga. Vinales pun segera menyerang untuk merebutnya kembali, dan pada akhir lap kedua, Aprilia kembali menempel dan melewati chicane.

Sementara itu, drama menimpa Marc Marquez yang terlalu memaksakan diri dan terjatuh, membuatnya tidak bisa melanjutkan Sprint dan harus menyaksikan balapan dari pinggir lintasan.

Di depan, Bagnaia semakin menjauh. Meski jarak sempat berfluktuasi di sekitar tujuh persepuluh detik, Martin tetap berusaha mempertahankan posisinya. Namun, dengan tujuh lap tersisa, Martin harus lebih memperhatikan jarak dengan Vinales yang semakin mendekat.

Martin merespons dengan cepat, memperlebar jarak kembali menjadi satu detik, namun tidak cukup untuk mendekati Bagnaia. Tiga pebalap teratas dalam posisi aman sementara pertarungan di belakang mereka mulai memanas.

Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) telah menempel Alex Marquez sejak Vinales melewatinya, namun seiring berjalannya waktu, mereka mendapat tambahan pesaing: Enea Bastianini (Ducati Lenovo Team), Aleix Espargaro (Aprilia Racing), dan Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46 Racing Team) bergabung dalam pertarungan.

Bastianini bergerak cepat, melewati Binder dan segera menempel di belakang Alex Marquez. 'The Beast' mengintai sepanjang lap dan menyerang di chicane, mengambil alih posisi keempat dan segera menjauh. Alex Marquez kemudian diberi penalti Long Lap untuk batas lintasan, dan tak lama kemudian ada lagi pergerakan kunci di grup, juga di chicane, sementara Diggia menyerang Binder.

Pembalap VR46 itu sedikit melebar, keduanya tetap mempertahankan kecepatan, sementara Alex Marquez mengalami sedikit goyangan. Memasuki Turn 1 untuk lap terakhir, hasil akhirnya adalah Diggia memimpin Espargaro dan Binder, dengan #73 turun ke belakang dan masih harus menjalani penalti Long Lap.

Di depan, tidak ada drama bagi tiga pebalap teratas. Tidak ada yang mampu menandingi Bagnaia yang memenangkan Sprint keduanya secara berturut-turut untuk pertama kalinya, dan Martin mengambil posisi kedua yang penting saat jarak klasemen semakin dekat. Podium Viñales adalah hasil positif lainnya saat ia berharap untuk meningkatkannya pada hari Minggu dan mengalahkan hasil terbaik Aprilia di MotoGP™ Assen sejauh ini: posisi ketiga.

Bastianini finis di posisi keempat setelah merangsek naik dari luar sepuluh besar di grid, sementara Diggia melengkapi lima besar mengungguli Binder. Setelah tidak mengambil penalti di lap-lap tersisa, penalti LLP Alex Marquez dikonversi menjadi hukuman waktu yang setara dan menurunkannya ke posisi delapan – mengangkat Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP™) ke posisi ketujuh, dari posisi ke-13 di grid. Franco Morbidelli (Prima Pramac Racing) melengkapi perolehan poin Sprint, dengan rookie Pedro Acosta (Red Bull GASGAS Tech3) finis di posisi kesepuluh.

Espargaro terjatuh cepat di akhir balapan, kehilangan kesempatan dalam pertarungan lima besar hingga bendera finish.

Kini saatnya bersiap untuk balapan Grand Prix pada  Minggu, 30 Juni, di mana Bagnaia tampak luar biasa namun Martin dan Vinales bertekad untuk mengejar dalam jarak penuh. Bisakah seseorang mengalahkan sang juara bertahan  pada hari Minggu?  

Top 10 Hasil Sprint:

  1. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team)
  2. Jorge Martin (Prima Pramac Racing) +2.355
  3. Maverick Viñales (Aprilia Racing) +4.103
  4. Enea Bastianini (Ducati Lenovo Team) +6.377
  5. Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46 Racing Team) +8.869
  6. Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) +9.727
  7. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP™) +10.828
  8. Alex Marquez (Gresini Racing MotoGP™) +13.196
  9. Franco Morbidelli (Prima Pramac Racing) +13.560
  10. Pedro Acosta (Red Bull GASGAS Tech3) +15.97