Bagikan:

JAKARTA – Georgia dan Republik Ceska sama-sama belum mendapat poin ketika bertemu pada laga kedua Grup F Euro 2024 di Volksparkstadion, Sabtu, 23 Juni 2023, pukul 20.00 WIB.

Kedua negara itu menderita kekalahan di pertandingan pertama grup. Georgia dihajar oleh Turki (1-3), sementara Republik Ceska kena comeback (1-2) ketika berhadapan dengan kampiun Euro 2016, Portugal.

Kekalahan di pertandingan perdana menempatkan kedua tim di posisi ketiga dan keempat klasemen tanpa poin. Ceska di peringkat ketiga diikuti Georgia di dasar klasemen.

Kedua tim jelas tidak boleh menderita kekalahan di bentrok kali ini jika ingin menjaga kans ke babak gugur. Terlebih, ini merupakan duel pertama buat kedua negara di ajang apa pun.

Ketika melawan Turki, skuad debutan Georgia tampil begitu impresif. Mereka mencetak gol pertama mereka di sejarah turnamen resmi melalui Georges Mikautadze untuk menyamakan skor setelah Mert Muldur membawa Turki unggul.

Secara keseluruhan, tim asuhan Willy Sagnol tersebut melepaskan 14 tembakan ke arah gawang Turki. Jumlah itu terbanyak dibandingkan debutan mana pun sejak Austria pada 2008. Namun, sayangnya mereka kebobolan dua kali lagi.

Sejak babak penyisihan grup diperkenalkan, hanya ada dua tim yang kalah dalam pertandingan debut mereka di Euro, tetapi kemudian bangkit dan mendapat tiket ke babak gugur.

Slovakia dan Irlandia Utara adalah dua negara yang sanggup melaukan hal tersebut pada edisi 2016. Dengan demikian, Georgia otomatis akan menjadi tim ketiga jika sanggup melewati babak grup.

Untuk bisa menorehkan catatan itu, maka pertandingan melawan Ceska benar-benar harus dimanfaatkan oleh Khvicha Kvaratskhelia dan kawan-kawan. Pasalnya, di laga terakhir grup, mereka bersua lawan yang lebih berat, yakni Portugal.

Di lain sisi, hasil imbang juga akan menjaga harapan Republik Ceska tetap utuh. Namun, mereka tidak akan mampu mencapai babak 16 besar jika kalah dan Turki tidak kalah dari Portugal.

Jika merujuk statistik maka peluang Ceska mencapai babak gugur bisa dibilang lebih kecil. Walaupun nyaris mendapatkan poin berharga melawan Portugal, mereka tercatat menyelesaikan operan lebih sedikit dibandingkan tim mana pun pada laga putaran pertama Euro 2024.

Selain itu, tim berjuluk Narodni itu hanya melakukan delapan sentuhan di kotak penalti lawan. Jadi, mereka perlu berbenah diri jika tidak ingin kecolongan melawan Georgia nanti.

Ceska, runner-up Euro 1996 dan perempat finalis dalam dua dari tiga Euro terakhir mereka, juga tercatat telah kalah sebanyak tujuh kali dalam selusin pertandingan grup sejak putaran final tahun 2008.

Perkiraan Formasi

Georgia (3-5-2): Mamardashvili; Dvali, Kashia, Kverkvelia; Kakabadze, Kochorashvili, Mekvabishvili, Chakvetadze, Tsitaishvili; Kvaratskhelia, Mikautadze

Republik Ceska (3-5-2): Stanek; Holes, Hranac, Krejci; Soucek, Coufal, Barak, Provod, Doudera; Chytil, Schick