Bagikan:

JAKARTA – Republik Ceska vs Turki akan tampil pada pertandingan terakhir penyisihan Grup F Euro 2024. Keduanya memiliki kesempatan terakhir untuk merebut status runner-up grup.

Kedua tim akan berhadapan di Volksparkstadion, Hamburg, Jerman, pada Kamis, 27 Juni 2024, dini hari pukul 02.00 WIB. Siapa pun yang menang tidak bisa menjadi juara grup.

Turki harus menghindari kekalahan untuk menjadi runner-up, sedangkan Ceska butuh menang untuk mengakhiri perjalanan grup di posisi kedua sambil berharap Georgia maksimal seri melawan Portugal.

Seandainya menelan kekalahan di pertandingan terakhir, posisi Portugal di puncak klasemen grup sudah tidak akan terusik. Mereka akan tetap lolos dengan predikat juara grup.

Turki akan memiliki poin sama dengan Portugal seandainya menang. Namun, tim ini akan tetap menjadi runner-up karena secara head-to-head kalah dari Portugal.

Adapun bagi dua tim lainnya, tambahan tiga angka tidak akan bisa menjadi modal untuk menyalip Portugal. Pasalnya, saat ini Ceska dan Georgia sama-sama baru mengumpulkan satu poin.

Setelah kalah di pertandingan pembukaan kontra Portugal, Ceska berada dalam masalah serius. Mereka cuma bermain seri kontra Georgia 1-1.

Georges Mikautadze membawa Georgia unggul melalui penalti di injury time babak pertama. Untungnya, Patrik Schick yang menjadi pahlawan dalam perjalanan mereka ke perempat final Euro 2020 mencetak gol balasan pada awal babak kedua untuk menggagalkan kemenangan perdana Georgia dalam debut di Euro.

Ceska bisa finis sebagai runner-up grup jika mereka mengalahkan Turki dengan catatan Georgia tidak mengalahkan Portugal. Namun, seandainya Ceska dan Georgia sama-sama menang maka posisi mereka ditentukan selisih gol.

Jika mendapat hasil imbang maka Republik Ceska akan berharap lolos sebagai peringkat terbaik. Sementara itu, mereka pasti tidak akan mampu mencapai babak gugur jika menelan kekalahan dalam pertandingan ini.

Pasukan asuhan Ivan Hasek tiba di Jerman dengan lima kemenangan berturut-turut, yang sebagian besar dalam pertandingan persahabatan. Hanya saja, mereka cuma menang empat kali dari 15 pertandingan kompetitif terakhir mereka.

Di lain sisi, Turki memiliki sejarah yang manis melawan Ceska. Mereka menjadi pemenang dalam dua pertemuan terbaru sebelum Euro 2024.

Pertama, kemenangan comeback spektakuler 3-2 pada 2008. Lalu, kemenangan kedua diraih delapan tahun kemudian dengan skor 2-0. Kedua kemenangan itu diraih sama-sama di Euro. Jadi, catatan ini membuat mereka sedikit lebih dijagokan.

Turki akan lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up grup jika mereka berhasil menghindari kekalahan alias minimal seri. Soalnya, kemenangan Georgia atas Portugal pun tak akan sanggup menggusur Turki dari runner-up karena kalah head-to-head.

Namun, masalahnya andai Turki kalah dan Georgia menang maka pasukan Vincenzo Montella ini akan gagal melaju karena tergeser ke dasar klasemen.

Pertemuan Republik Ceska vs Turki sekaligus menjadi pembuktian kedua tim. Dalam catatan 11v11, bentrok keduanya imbang, sama-sama mengemas lima kemenangan dan satu laga lain berakhir seri.

Tak heran, keduanya berambisi menjadi yang terbaik dalam statistik perjumpaan tersebut.

Prakiraan Formasi

Republik Ceska (3-4-2-1): Stanek; Holes, Hranac, Krejci; Coufal, Soucek, Provod, Doudera; Barak, Hlozek; Chytil

Turki (4-2-3-1): Bayindir; Muldur, Demiral, Ayhan, Kadioglu; Yuksek, Calhanoglu; Akturkoglu, Guler, Yildiz; Yilmaz