Bagikan:

JAKARTA – Turki vs Portugal tersaji di laga kedua Grup F Euro 2024. Kedua tim butuh menang untuk mengamankan satu tempat di babak gugur.

Benturan antara kedua tim akan berlangsung di markas Borussia Dortmund, Signal Iduna Park atau Westfalenstadion, pada Sabtu, 22 Juni 2024, pukul 23.00 WIB.

Kedua negara sebelumnya mengklaim poin maksimal pada partai pertama grup. Turki keluar sebagai pemenang dengan skor 3-1 melawan tim debutan turnamen, Georgia.

Beberapa jam setelahnya, giliran Portugal mengunci kemenangan 2-1 atas Republik Ceska. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan bangkit dari ketertinggalan untuk mengamankan kemenangan itu.

Turki datang ke Euro 2024 setelah lima laga tanpa kemenangan di semua ajang. Selain itu, mereka juga kalah di pertandingan pembuka dari lima penampilan sebelumnya di Euro.

Meski demikian, mereka tampil luar biasa ketika melawan Georgia. Turki unggul terlebih dahulu melalui gol Mert Muldur. Dua gol penentu kemenangan setelahnya dicetak Arda Guler dan Kerem Akturkoglu.

Georges Mikautadze sempat mengindentikan skor setelah gol Muldur. Namun, bintang belia Real Madrid, Guler, kemudian mengumumkan namanya di panggung besar ini untuk membawa timnya balik memimpin.

Gol itu membuat Guler mencatatkan namanya menjadi pencetak gol termuda kelima dalam sejarah Euro (19 tahun dan 114 hari). Dia juga jadi remaja pertama yang mencetak gol pada debutnya di Euro sejak Cristiano Ronaldo pada 2004.

Akturkoglu kemudian masuk dari bangku cadangan untuk mencetak gol ketiga buat Turki menjelang injury time demi memantapkan tiga poin. Raihan itu sekaligus hadiah ulang tahun buat pelatih Vincenzo Montella.

Meski memiliki statistik bagus, hanya kalah dua kali dalam 15 pertandingan kompetitif terakhir (menang 10, seri 3), Turki kemungkinan besar akan kesulitan untuk mendapat poin penuh melawan Portugal.

Pasalnya, mereka tercatat belum pernah mengalahkan Portugal di Euro. Bahkan, Turki juga gagal mencetak gol dalam tiga pertemuan. Dengan demikian, bentrok ini menempatkan Portugal sebagai favorit.

Portugal hanya mencatatkan satu clean-sheet dalam enam laga internasional terakhir mereka. Namun, mereka selalu menang dalam enam bentrok kompetitif terbaru melawan Turki.

Perkiraan Formasi

Turki (4-2-3-1): Gunok; Muldur, Akaydin, Bardakci, Kadioglu; Ozcan, Calhanoglu; Guler, Kokcu, Yildiz; Yilmaz

Portugal (3-4-3): Costa; Pepe, Dias, Mendes; Dalot, Fernandes, Vitinha, Cancelo; Bernardo, Ronaldo, Leao