Bagikan:

JAKARTA - Joshua Kimmich, bintang tim nasional Jerman, membela diri dari tuduhan bahwa generasi pemain seangkatannya, termasuk Leon Goretzka, Leroy Sané, dan Serge Gnabry, sulit untuk diajak bekerja sama. Dalam wawancara dengan "Süddeutsche Zeitung", Kimmich mengatakan, "Saya tidak percaya bahwa kami adalah generasi yang egois. Justru sebaliknya, seperti yang saya alami saat ini!"

Kimmich juga menyebutkan bahwa ketika dia pertama kali bergabung dengan Bayern München sembilan tahun lalu, ada lebih banyak ego besar di ruang ganti dibandingkan sekarang, baik di klub maupun tim nasional setelah Piala Dunia 2014.

Kimmich pindah ke Bayern dari RB Leipzig pada tahun 2015 dengan biaya 8,5 juta Euro. Saat itu, pemain seperti Jérôme Boateng, Arturo Vidal, dan Robert Lewandowski masih berada di skuad Bayern.

Musim gugur lalu, majalah "kicker" memicu tuduhan egoisme dan mempertanyakan peran Kimmich sebagai gelandang tengah. Di Bayern, Kimmich bermain sebagai gelandang bertahan, sementara di tim nasional di bawah pelatih Julian Nagelsmann, ia dimainkan sebagai bek kanan.

"Jika seseorang bertanya kepada saya tentang posisi favorit saya, saya akan menjawab: gelandang tengah. Namun, diskusi tentang peran sebagai bek kanan datang dari luar dan sering kali tampak seperti ingin menciptakan kegaduhan," kata Kimmich.

Mengenai posisinya sebagai bek kanan, Kimmich berkata: "Saya sama sekali tidak melihat peran ini sebagai degradasi. Mentalitas, semangat, dan pendekatan saya tidak berubah karena perubahan posisi ini."

Kimmich menganggap bahwa kegaduhan dari luar sering kali muncul ketika tim tidak memenangkan pertandingan atau ketika ada ketidakstabilan, seperti yang terjadi di Bayern musim lalu dan di tim nasional sejak Piala Dunia 2018.

Meski ada banyak perubahan di tim nasional, Kimmich tetap bertahan. "Saya selalu ada, dan saya sangat bangga akan hal itu. Namun, mungkin hal itu membuat saya sering dikaitkan dengan kegagalan tim," ujarnya.

Kimmich berharap situasi ini berubah di Euro 2024, dan awalnya sangat menjanjikan. Dalam kemenangan 5-1 melawan Skotlandia, Kimmich memberikan assist untuk gol pertama. Malam ini, tim nasional akan menghadapi Hungaria.