Bagikan:

JAKARTA - Prestasi membanggakan diraih Thom Haye usai membantu Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Ia masuk dalam jajak pendapat pemain paling mengesankan yang dibuat oleh AFC.

Keputusan AFC menyertakan Thom Haye dalam kategori tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, pemain 29 tahun itu merupakan pemain kunci Timnas Indonesia dalam laga melawan Filipina pada Selasa, 11 Juni 2024.

Pada laga pemungkas putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 itu, Thom Haye menjadi pemain yang menciptakan gol pembuka dalam kemenangan Tim Merah-Putih atas The Azkals.

"Menghadirkan malam bersejarah bagi Indonesia di hadapan penonton yang tumpah ruah di Stadion Utama Gelora Bung Karno adalah Thom Haye yang mencetak gol internasional perdananya untuk membawa Garuda menuju kemenangan 2-0 atas Filipina yang memastikan tempat mereka di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia untuk kali pertama sekaligus memastikan penampilan beruntun di Piala Asia," tulis AFC dalam keterangannya dikutip pada Jumat, 14 Juni 2024.

"Gelandang kelahiran Belanda, yang menandai debut internasional dalam laga kualifikasi bulan Maret melawan Vietnam dengan sebuah assist, menemukan celah di luar kotak penalti dan melepas sepakan melengkung yang tak bisa dijangkau kiper Filipina Kevin Mendoza serta memecah kebuntuan bagi tim asuhan Shin Tae Yong pada menit ke-32," lanjut AFC menjabarkan arti penting keberadaan Haye bagi Timnas Indonesia.

Rupanya catatan apik Thom Haye yang mencuri perhatian AFC bukan cuma sekadar gol. Pemain yang musim lalu memperkuat Heerenveen itu tercatat berkali-kali mendistribusikan bola dengan baik bahkan juga turut membantu tim bertahan.

Dalam nominasi pemain yang dirilis AFC pada Kamis, 13 Juni 2024, Thom Haye bersaing dengan tujuh pemain lain. Satu nama tenar yang juga dimunculkan AFC adalah bintang Korea Selatan yang kini bermain di Paris Saint-Germain, Lee Kang-in. Dia menjadi penentu kemenangan Taegeuk Warriors atas China.

Selain itu, ada pula Ri Jo Guk yang mengemas hattrick saat Korea Utara membungkam Myanmar 4-1. Striker gaek Lebanon, Hassan Matouk, yang mencetak tiga gol dalam laga melawan Bangladesh juga menjadi nomine.

Nama lain yang bersaing dengan Thom Haye adalah Eid Al Rashedi (Kuwait), Sanjeeb Bista (Nepal), Martin Boyle (Australia), dan Noor Al Rawabdeh (Jordania).

Semua pemain yang masuk nominasi dalam jajak pendapat AFC itu mencatatkan gol pada laga terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.