Bagikan:

JAKARTA – Kompetisi voli Proliga 2024 telah menyelesaikan pekan kelima. Sejaun ini sudah ada tiga tim yang memastikan diri lolos ke Final Four.

Pekan kelima dari Putaran Kedua berlangsung pada 6-9 Juni 2024 di GOR Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat. Ketiga tim yang lolos itu masing-masing dua dari tim putra dan satu lainnya dari kategori putri.

Tim terbaru yang lolos ialah Palembang Bank SumselBabel. Tiket Final Four mereka kantongi setelah mengalahkan Jakarta STIN BIN 3-1 (25-23, 18-25, 26-24, dan 25-22) pada Minggu, 9 Juni 2024.

Hasil itu mengantar Palembang Bank SumselBabel naik ke puncak klasemen kategori putra. Mereka miliki catatan delapan kemenangan dan satu kekalahan dari sembilan laga yang dijalani.

Koleksi 21 poin yang dimiliki Palembang sebenarnya lebih sedikit dari miliki Jakarta LavAni Allobank yang mengumpulkan 22 poin. Namun, Palembang punya jumlah kemenangan lebih banyak sehingga berhak menempati posisi wahid.

LavAni yang menduduki posisi kedua sejauh ini mengamankan tujuh kemenangan dan menderita dua kekalahan. Pada hari yang sama LavAni juga sudah mengamankan posisi mereka di Final Four.

Tiket ke Final Four diamankan LavAni setelah menekuk tim peringkat keenam klasemen, Kudus Sukun Badak, 3-0 (25-18, 25-20, 25-20).

Sementara itu, dari kategori putri, satu tiket Final Four diraih oleh Jakarta Popsivo Polwan. Mereka baru menderita kekalahan satu kali saat melawan Bandung BJB Tandamata pada Jumat, 7 Juni 2024.

Catatan delapan kemenangan dan satu kekalahan dari sembilan pertandingan membuat Popsivo memuncaki klasemen sementara dengan koleksi 24 poin. Mereka unggul lima poin dari Jakarta BIN di posisi kedua.

Dari kategori putri, hanya Petrokimia Pupuk Indonesia yang peluang lolos ke Final Four sudah tertutup. Pasalnya, dari sembilan laga, mereka baru menang satu kali dan kalah delapan kali.