Masuk Babak <i>Final Four</i>, Proliga 2022 Terpaksa Terapkan Sistem Baru karena Pandemi
Kompetisi Proliga 2022 memasuki babak final four. (Dok. Proliga)

Bagikan:

JAKARTA - Kompetisi Proliga 2022 kini memasuki babak final four. Musim ini, fase final four akan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Direktur PLN Mobile Proliga 2022 Hanny S. Surkatty mengatakan, setiap tim yang akan tampil pada final four hanya akan bertemu satu kali. Pasalnya, final four kali ini akan menggunakan sistem setengah kompetisi.

Hanny menjelaskan, Proliga 2022 sengaja tidak memberlakukan format kompetisi penuh seperti edisi-edisi sebelumnya dengan alasan pandemi COVID-19. Adapun final four akan terbagi menjadi dua seri.

Seri pertama akan berlangsung di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada 11-13 Maret. Dilanjutkan dengan seri kedua pada 18-20 Maret 2022.

"Kemudian dua tim teratas akan bertemu di grand final, 26 dan 27 Maret nanti," ujar Hanny, dalam keterangan resminya, seperti dikutip Antara.

"Karena adanya kondisi pandemi COVID-19 yang melanda negeri kita dan seluruh dunia saat ini, makanya kami hanya melangsungkan final four setengah kompetisi untuk tahun ini," kata Hanny menambahkan.

Selain itu, lanjut Hanny, penerapan protokol kesehatan ketat akan terus diberlakukan. Para pihak yang terlibat harus menggunakan masker, menjaga jarak, dan sudah vaksinasi.

Seluruh pertandingan tanpa dihadiri penonton.

"Selain itu, setiap orang yang masuk ke arena lapangan (GOR) diwajibkan swab antigen terlebih dahulu dan hasilnya negatif. Jika positif tidak diperkenankan masuk," tuturnya.

Berikut ini adalah daftar tim yang lolos ke babak final four Proliga 2022:

Sektor putra

Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta BNI 46

Bogor LavAni

Surabaya Bhayangkara Samator.

Sektor putri

Jakarta Pertamina Fastron

Bandung bjb Tandamata

Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia

Jakarta Mandiri Popsivo Polwan.