Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, optimistis menatap laga kontra Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis, 6 Juni 2024, sore WIB. Tak ingin buang peluang, sang pelatih langsung memasang target menang di kandang sendiri.

Pertandingan melawan Irak jadi salah satu laga krusial Timnas Indonesia di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Untuk bisa tembus ke putaran ketiga, Skuad Garuda hanya butuh satu kemenangan dari dua laga yang akan dihadapi, yaitu kontra Irak dan Filipina.

Meski punya kesempatan dari dua laga tersebut, pelatih asal Korea Selatan itu tidak ingin membuang waktu dan tenaga Skuad Garuda. Ia mau langsung menargetkan kemenangan lawan Irak yang memiliki peringkat FIFA lebih bagus ketimbang Indonesia.

"Irak merupakan tim yang bagus dan pastinya lebih kuat dibanding Indonesia. Namun, sekarang sudah waktunya kami bisa coba untuk meraih kemenangan," ujar Shin Tae-yong saat konferensi pers jelang laga di Jakarta pada Rabu, 5 Juni 2024.

Demi meraih target menang atas Irak, Shin Tae-yong berharap Jordi Amat dan kawan-kawan bisa bermain dengan percaya diri. Apalagi di laga nanti Timnas Indonesia akan bermain di hadapan puluhan ribu suporter setia.

"Jadi yang penting, para pemain bisa bermain dengan percaya diri. Mungkin saja bisa membawa hasil yang baik," tutur sang pelatih.

Bukan cuma Shin Tae-yong, optimisme untuk mengalahkan Irak juga diungkapkan Jordi Amat. Sang kapten mengaku ia akan tetap menghargai Irak sebagai lawan, tapi tak akan lengah dalam memberikan tekanan untuk meraih kemenangan.

"Besok kami akan menghadapi pertandingan penting melawan Irak. Seperti yang coach (Shin Tae-yong) bilang, Irak adalah tim yang bagus, tapi tetap saja kami bermain dengan baik di pertandingan sebelumnya," kata Jordi Amat dalam kesempatan yang sama.

"Kami sangat menghargai Irak, begitu pula mereka. Irak juga punya kekuatan yang bagus di lini depan. Namun, kami tetap harus mengambil kesempatan. Apalagi kami akan bermain kandang besok, ada dukungan suporter."

"Jadi, kami akan berusaha memberikan yang terbaik saat pertandingan untuk meraih kemenangan," ujar sang kapten.