Bagikan:

JAKARTA - Bos Chelsea, Thdd Boehly, resmi mendepak Mauricio Pochettino pada akhir musim ini.

Tujuh kandidat pengganti langsung mencuat. Dua di antaranya manajer yang berhasil membawa timnya promosi ke Liga Inggris musim depan.

Kieran McKenna berhasil membawa Ipswich menjadi runner-up Championship 2023/2024 sekaligus promosi ke Liga Inggris alias Premier League. Dia menjadi kandidat termuda karena masih 38 tahun.

Nama lain yang disebut-sebut ialah Enzo Maresca. Dia membawa Leicester City juara Championship 2023/2024 dan promosi ke liga level tertinggi musim depan.

Selain dua manajer sensasional itu, ada nama Sebastian Hoeness (Stuttgart), Jose Mourinho, Roberto De Zerbi (Brighton), Michel Sanchez (Girona), dan Hansi Flick.

Berikut Tujuh Kandidat Pelatih Chelsea

Kieran McKenna

Mantan asisten Manchester United ini telah membawa Ipswich dua kali promosi dari League One (Championship) ke Premier League (Liga Inggris).

Hal ini telah membuat namanya meroket dan dia mungkin tergoda untuk melompat ke kapal lain untuk mendapatkan pekerjaan besar.

Roberto De Zerbi

Pelatih asal Italia itu akan meninggalkan Brighton pada akhir musim ini setelah satu setengah tahun bertugas.

Pengumuman kedua belah pihak resmi mengakhiri kerja sama tersiar pada 18 Mei 2024.

Dia lalu dikaitkan dengan sejumlah klub papan atas. Namun, Chelsea harus bersaing dengan Manchester United untuk mendapatkan De Zerbi.

Soalnya, The Red Devils melempar sinyal untuk menghentikan kerja sama dengan Erik ten Hag.

Enzo Maresca

Maresca adalah asisten Pep Guardiola di Manchester City dan telah melakukan keajaiban di Leicester. Dia mengirim The Foxes kembali ke Liga Inggris musim depan pada upaya pertama.

Hansi Flick

Flick adalah salah satu manajer sepak bola yang paling banyak diminati setelah memenangi Liga Champions bersama Bayern Munchen.

Lalu, dia hijrah untuk menukangi Timnas Jerman pada 2021 menggantikan Joachim Loew. Hanya saja, kiprahnya bersama Der Panzer kurang apik sehingga dia harus didepak pada September 2023.

Kini dia siap untuk kembali dan bisa menjadi langkah cerdas bagi The Blues.

Sebastian Hoeness

Penggemar Chelsea mungkin belum pernah mendengarnya, tapi Hoeness adalah manajer besar di Jerman.

Hoeness telah mengubah Stuttgart dari kandidat degradasi menjadi tim terbaik kedua di Bundesliga, finis di atas Bayern Munchen.

Michel Sanchez

Michel Sanchez telah melakukan keajaiban bersama Girona di La Liga Spanyol musim 2023/2024.

Tim kecil ini berada tepat dalam perburuan gelar La Liga pada hari Natal sebelum menyaksikan Real Madrid melesat dan tak terkejar.

Namun, mereka berhasil mengalahkan tetangga tim besar Catalan, Barcelona, untuk menempati posisi kedua klasemen La Liga dan menjamin tiket Liga Champions musim depan.

Laporan di Spanyol menyebutkan prestasi itu menarik perhatian Chelsea.

Jose Mourinho

Mourinho masih dipuja oleh para penggemar di Stamford Bridge. Dia menjadi pilihan paling populer saat ini selepas Chelsea mendepak Mauricio Pochettino.

Dia memenangi tiga gelar Liga Inggris bersama The Blues. Jose Mourinho menjadi harapan publik Stamford Bridge untuk bisa membawa Chelsea kembali ke papan atas.