Bagikan:

JAKARTA - Leg kedua Championship Series Liga 1 2023/2024 kembali tersaji. Persib menjadi tuan rumah buat Bali United di Stadion Si Jalak Harupat pada Sabtu, 18 Mei 2024.

Bali United datang dengan modal kurang apik. Mereka cuma bisa meraup hasil seri 1-1 pada leg pertama yang dihelat di kandang, Bali United Training Center.

Laga tanpa penonton menjadi faktor Serdadu Tridatu tampil kurang maksimal pada leg pertama.

Sementara pada leg kedua, mereka akan bermain dengan tekanan penuh suporter Persib. Suporter Bali United pun dipastikan tidak bisa mendukung langsung di Bandung.

Situasi itu menghadirkan kesulitan buat anak asuh Stefano 'Teco' Cugurra yang membutuhkan kemenangan untuk lolos ke final Championship Series.

Namun, Teco enggan menyerah kepada keadaan dan nyali tetap tidak ciut. Dia memotivasi tim agar bermain tanpa beban demi meraih hasil positif.

"Pasti lebih bagus pertandingan ketika ada suporter yang datang. Waktu leg pertama, kami bermain di Training Center dan bukan di Stadion Kapten I Wayan Dipta."

"Kami tahu bahwa sepak bola adalah hiburan buat suporter. Sebaiknya ada suporter lebih bagus."

"Nanti, kami tahu akan ada suporter dari Bandung yang akan datang di stadion. Kami akan bermain normal dan tidak hanya bertahan untuk laga nanti," kata Teco.

Tekanan suporter tak terlalu diindahkan Teco. Dia lebih fokus mempersiapkan tim dengan latihan ekstra, bahkan sampai meramu tim untuk mengantisipasi babak tambahan dan adu penalti.

"Kami tahu Persib tim yang bagus. Kami akan tetap kerja keras di lapangan. Laga pertama lalu kami hampir menang di Training Center, tapi mereka bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-90+9," ujar Teco.

"Kami sudah antisipasi jika bermain imbang dengan persiapan tim menghadapi babak tambahan maupun penalti."

"Kami sudah latihan di Bali dan menyiapkan para pemain yang siap hingga babak adu penalti," tutur Teco lagi.

Bali United membawa 23 pemain ke markas Persib. Teco memboyong amunisi maksimal tanpa ada satu pun pilar yang cedera dan pemulihan berjalan baik.

Sementara itu, tuan rumah Persib memang diuntungkan karena mendapat dukungan penuh suporter.

Hanya saja, Maung Bandung masih terkendala catatan buruk ketika berjumpa Bali United.

Persib cuma menang satu kali dari 16 pertemuan. Sementara Serdadu Tridatu menang enam kali dan seri sembilan kali.

Dari enam kemenangan Bali United, tiga di antaranya bahkan didapat di kandang Persib.

"Pertandingan yang tidak mudah. Tiga pertemuan terakhir hasilnya imbang. Saya berharap pemain termotivasi untuk menenangi pertandingan besok."

"Saya harap besok stadion bisa dipenuhi oleh penonton dan anak-anak bisa mendapatkan motivasi tambahan. Semoga di hadapan suporter, kami bisa mendapatkan hasil yang positif," kata Bojan Hodak, pelatih Persib.

Artinya, bermain dengan tekanan suporter Persib nyatanya tak begitu bermasalah buat Bali United. Catatan pertemuan sebelumnya menjadi bukti.

Mentalitas itu layak diwaspadai buat Persib. Bukan tidak mungkin Serdadu Tridatu bisa mencuri kemenangan mengingat laga ini bak partai hidup-mati karena jalan terakhir menuju final Championship Series Liga 1 2023/2024.