Bagikan:

JAKARTA – Pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan lolos ke babak kedua Thailand Open 2024.

Unggulan kelima turnamen itu menjaga mimpi di ajang ini dengan mengalahkan pasangan China Taipei, Wei Chun Wei/Wu Guan Xun, dua gim langsung dengan skor 21-17 dan 21-15 di Nimibutr Stadium, Bangkok, Rabu, 15 Mei 2024, malam WIB.

"Ini pertandingan yang tidak gampang. Apalagi ini juga pertemuan pertama dan lawan juga memiliki pukulan yang kencang serta bertenaga," ujar Hendra selepas pertandingan.

Ini adalah babak kedua pertama buat Hendra/Ahsan sejak terakhir kali mereka mencapai babak yang sama di Malaysia Open 2024 pada Januari 2024.

Pada dua turnamen berturut-turut setelah Malaysia Open 2024, pasangan yang berjuluk The Daddies tersebut selalu pulang lebih awal di babak pertama.

Dua turnamen yang dimaksud ialah Perancis Open 2024 dan All England 2024 pada Maret lalu.

Saat bermain di Paris, Hendra/Ahsan langsung takluk melawan pasangan tuan rumah, Lucas Corvee/Ronan Labar. Sementara saat bermain di Inggris, keduanya dihentikan mantan nomor satu dunia, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

"Bersyukur kami bisa menang sebab rasanya sudah lama kami tidak menang. Pertandingan tadi juga tidak mudah. Lawan punya tenaga kencang dan shuttlecock-nya juga lambat. Jadi kami harus bermain sabar," ujar Ahsan.

Pada babak kedua nanti, Hendra/Ahsan akan bersua dengan pasangan ChinaTaipei lainnya, Chiang Chien-Wei/Wu Hsuan-Yi. Ganda ini melewati babak pertama berkat kemenangan dramatis tiga gim atas wakil Malaysia, Low Hang Yee/Ng Eng Cheong.

Hendra/Ahsan adalah wakil kedua dari ganda putra yang lolos ke babak kedua.

Sebelum mereka, tiket pertama buat Indonesia dari nomor ini diamankan oleh pasangan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri yang menang atas Boon Xin Yuan/Goh V Shem.

Nomor ganda putra sebenarnya mengirim sebanyak empat wakil ke turnamen Super 500 BWF ini. Namun, dua lainnya harus angkat koper lebih awal.

Kedua pasangan itu ialah Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani.

Mimpi Sabar/Reza dikubur oleh pasangan Ming Che Lu/Tang Kai Wei dari China Taipei. Sementara itu, langkah Leo/Daniel dihentikan oleh pasangan Korea Selatan, Jin Yong/Na Sung Seung.