Bagikan:

JAKARTA - Serie B 2023/2024 sudah usai. Parma dan Como memastikan promosi ke Serie A musim depan setelah mengakhiri musim sebagai juara dan runner-up.

Klub Jay Idzes, Venezia, sebetulnya juga menjadi pesaing utama tiket promosi ke Serie A. Hanya saja, mereka cuma bisa finis di peringkat ketiga dengan selisih enam poin dari Parma.

Meski demikian, Venezia masih punya kans promosi ke liga level tertinggi Italia musim depan.

Soalnya, peringkat ketiga hingga kedelapan akan diadu untuk berebut satu tiket tersisa ke Serie A.

Venezia dan Cremonese selaku peringkat ketiga dan keempat sudah langsung menunggu di semifinal.

Sementara Catanzaro akan menghadapi Brescia dan Palermo berjumpa Sampdoria pada playoff babak pertama.

Pemenang dua laga itu akan bertemu Cremonese dan Venezia. Palermo dan Sampdoria menjadi calon lawan Venezia di babak semifinal playoff promosi.

Laga tersebut akan dihelat dalam dua leg. Pertemuan pertama digelar pada 20 Mei 2024 dan leg kedua berlangsung pada 24 Mei.

Kemudian, pemenang playoff promosi akan bentrok di final mencari yang terbaik untuk ke Serie A. Partai puncak playoff juga dilangsungkan dalam dua leg pada 30 Mei dan 2 Juni 2024.

Bek 23 tahun itu berambisi untuk membawa Venezia ke Serie A musim depan. Dia tak melihat kegagalan tim finis di dua besar Serie B 2023/2024 sebagai akhir.

"Tidak ada terang tanpa gelap," tulis Idzes di Instagram pribadinya menatap laga playoff promosi.

Merasakan atmosfer Serie A bersama Venezia tentu akan menjadi kesempatan berharga buat Idzes. Dia akan berkembang pesat saat mencicipi liga level tertinggi Italia. Apalagi, kontrak Idzes bersama Venezia masih panjang hingga 2027.

Perkembangan Idzes nantinya tidak akan membawa kontribusi buat kariernya, tapi juga Timnas Indonesia.

Sementara itu, bagi Venezia, mereka ingin kembali ke Serie A sejak terakhir kali merasakan pada musim 2021/2022.