Bagikan:

JAKARTA - Olympique de Marseille harus bekerja keras sebelum menang adu penalti 4-2 atas Benfica di laga kedua perempat final Liga Europa di Stadion Orange Velodrome, Jumat, 19 April 2024 dini hari WIB. Marseille lolos ke semifinal bertemu Atalanta.

Marseille mencatat rekor untuk kali pertama selama enam tahun terakhir bisa menembus semifinal di kompetisi Eropa. Klub Ligue 1 itu berhasil mencapai target empat besar setelah menyingkirkan Benfica.

Marseille sesungguhnya sudah kalah 2-1 pada laga pertama di kandang Benfica. Hasil itu menjadikan Marseille harus bekerja keras karena harus menang minimal 2-0 untuk menyingkirkan rivalnya.

Benfica sesungguhnya mampu menguasai permainan. Tercatat pemain sayap veteran Angel Di Maria nyaris membobol gawang Marseille bila tidak digagalkan kiper Pau Lopez. Begitu pula peluang Antonio Silva bisa diselamatkan kiper.

Marseille akhirnya berhasil unggul setelah Faris Moumbagna mencetak gol di menit 79. Dirinya menyelesaikan assist dari Pierre-Emerick Aubameyang. Skor 1-0 untuk Marseille bertahan sampai pertandingan berakhir.

Karena agregat menjadi 2-2, pertandingan dilanjutkan extra time. Di Maria kembali mendapat dua peluang bagus untuk menyamakan skor.

Lagi-lagi, Pau Lopez yang menggagalkannya. Tidak ada gol tercipta sehingga pertandingan diakhiri dengan adu penalti.

Saat adu penalti, Di Maria menjadi pemain pertama yang gagal menuntaskan eksekusi. Sepakannya mengenai mistar gawang.

Selanjutnya, Antonio Silva menjadi penendang keempat Benfica yang gagal. Sementara, empat eksekutor Marseille sukses menuntaskan tugas. Marseille akhirnya menang adu penati 4-2.

"Saya senang dan bangga kepada pemain. Mereka menunjukkan semangat yang luar biasa sehingga membuat bangga fans. Mereka membuat Marseille bangga. Kami sudah lama mengimpikan ini," ucap pelatih Marseille Jean-Louis Gasset

"Banyak pemain yang berkorban demi pertandingan ini. Mereka tetap berusaha maksimal meski tidak bermain di posisinya. Kami juga memperbaiki kesalahan dari pertandingan pertama," katanya.

Kiper Lopez pun tidak kalah bangga karena tim berhasil mencapai empat besar. "Kami bahagia, terutama fans. Kami menjalani musim yang berat, tetapi fans layak mendapatkan kemenangan ini," ujar Lopez.

Berhasil lolos ke semifinal, Marseille bertemu Atalanta. Tim Serie A Italia itu menyingkirkan Liverpool meski kalah 1-0. Pasalnya, Atalanta tetap unggul agregat 3-1. Pada laga pertama di Anfield, mereka menang 3-0.