Bagikan:

JAKARTA - Laga pertama perempat final Liga Europa diwarnai kejutan tumbangnya AC Milan. Dalam laga sesama tim Serie A Italia melawan AS Roma di Stadion San Siro, Jumat, 12 April 2024 dini hari WIB, Milan kalah 1-0. Bek Gianluca Mancini mencetak satu-satunya gol kemenangan tim ibu kota.

Mancini kembali menjadi bintang kemenangan Roma. Pada Derby della Capitale melawan Lazio, dirinya juga mencetak satu-satunya gol yang memenangkan Roma.

Kemenangan ini sekaligus mematahkan rekor tak terkalahkan Milan saat menghadapi Roma sejak Oktober 2019. Mereka tercatat menang enam kali dan tiga kali imbang.

Roma juga selalu menelan kekalahan di kandang Milan sejak Oktober 2017. Ini berarti Roma mematahkan rekor tak pernah menang di San Siro selama tujuh tahun.

Hasil tersebut juga menjadi modal berharga Roma untuk melaju ke semifinal. Pasalnya laga kedua perempat final digelar di kandang Roma di Stadion Olimpico, Jumat, 19 April 2024 dini hari WIB.

Roma hanya butuh hasil imbang untuk melaju ke empat besar. Sebaliknya, Milan harus menang minimal 2-0 untuk menyingkirkan Giallorossi.

Dalam duel itu, Milan mengambil inisiatif menyerang. Namun pelatih Daniele De Rossi mampu membangun pertahanan Roma yang kokoh.

Bahkan saat mendapat tekanan, Roma justru berhasil membobol gawang Mike Maignan di menit 17. Berawal dari sepak pojok yang dilakukan Paulo Dybala dan disambut sundulan Mancini. Bola pun meluncur deras ke gawang Rossoneri.

Gol itu sempat diprotes pelatih Milan Stefano Pioli. Pasalnya striker Roma Romelu Lukaku dinilai dalam posisi offside sebelum gol Mancini.

Hanya wasit Clement Turpin tak menggubris protes Pioli. Dirinya juga tak perlu meninjau insiden itu lewat VAR. Bahkan wasit memberikan kartu kuning kepada pelatih Milan.

Milan sesungguhnya mencoba bangkit dengan menekan lawan. Mereka mendapat peluang bagus dan sundulan Olivier Giroud seharusnya membuahkan gol. Namun Lukaku berhasil menyapu bola sehingga gagal tercipta gol.

Milan kembali mendapat peluang terbaik yang diperoleh Yacine Adli di menit 75. Tendangan menyilang Adli sempat mengejutkan kiper Mile Svilar. Namun dia tetap bisa menepisnya sehingga peluang itu tak bisa dikonversi menjadi gol.

Tidak ada lagi gol yang tercipta. Sampai akhir laga, skor tetap 1-0 untuk Roma yang membuka peluang mereka lolos ke semifinal.