Bagikan:

JAKARTA – Tim bulu tangkis Indonesia siap menerima ujian dalam pertandingan di Badminton Asia Championship (BAC) 2024 yang akan berlangsung pada pekan ini.

Jonatan Christie dan kawan-kawan dijadwalkan menghadapi turnamen yang setara dengan Super 1000 BWF itu pada, Selasa 9 April sampai Minggu, 14 April. 

Mereka sudah tiba di China dan telah menjalani latihan persiapan kompetisi di Ningbo Olympic Sports Centre Gymnasium, Ningbo, China, Senin, 8 April pagi waktu lokal.

Latihan tersebut berlangsung di main hall yang bakal jadi tempat pertandingan. Selain itu, para pemain juga secara bergantian bisa berlatih di hall latihan yang berada di komplek yang sama.

Kepala Pelatih Pelatnas PBSI Rionny Mainaky mengatakan, latihan perdana berguna mengembalikan kondisi kebugaran pemain setelah menempuh perjalanan jauh dari Jakarta.

“Ya, latihan ini untuk mengembalikan kondisi pemain setelah mereka melakukan perjalanan dari Jakarta. Apalagi penerbangannya sampai tertunda enam jam,” katanya. 

Penundaan selama enam jam tersebut membuat rombongan pemain baru bisa masuk Hotel Shangri-La, di Ningbo, pada Senin, 8 April pukul 02.30 dini hari waktu setempat.

Pemain spesial ganda putra Fajar Alfian mengakui keterlambatan itu membuat mereka belum cukup istirahat dan langsung menjalani latihan paginya.

“Sebenarnya saya masih mengantuk. Tidurnya masih kurang. Tetapi saya paksakan untuk tetap berlatih. Ini untuk mengembalikan kondisi badan agar lebih segar,” kata Fajar Alfian.

BAC adalah turnamen terakhir yang masuk hitungan kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Turnamen ini penting bagi wakil Indonesia untuk mengunci tiket ke Prancis.

Salah satu yang memiliki tugas berat di sini adalah Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. Pasangan ini perlu juara di sini agar bisa lolos ke Olimpiade nanti. 

Total Indonesia mengirim sebanyak 14 wakil ke turnamen ini. Rinciannya, dua tunggal putra, tiga tunggal putri, tiga ganda putra, dua ganda putri, dan empat ganda campuran.