Bagikan:

JAKARTA - Atalanta sukses menaklukkan tuan rumah Napoli di laga Serie A Italia di Stadion Diego Armando Maradona, Sabtu, 30 Maret 2024 malam WIB. Kemenangan yang menjaga peluang Atalanta lolos ke Europa Conference League.

Atalanta menunjukkan performa terbaik saat menyambangi markas Napoli di Naples. Kemenangan atas Napoli juga mengakhiri rekor buruk Atalanta yang sebelumnya hanya meraih dua poin dari empat pertandingan terakhir.

Kemenangan itu mengukuhkan posisi Atalanta di peringkat enam klasemen sementara dengan poin 50. Unggul lima poin dengan Napoli yang berada di peringkat tujuh.

Atalanta pun mengamankan peluang ke Europa Conference League. Dengan menempati peringkat enam, La Dea bisa berlaga di kompetisi kasta ketiga.

Di pertandingan ini, Atalanta sudah langsung bermain ofensif dan menekan pertahanan Napoli. Pertandingan baru berjalan dua menit, gawang I Partenopei nyaris kebobolan.

Berawal dari aksi striker Aleksei Miranchuk yang berlari menyambut umpan Mario Pasalic. Dirinya kemudian melepaskan tendangan yang sesungguhnya berhasil menaklukkan kiper Alex Meret. Namun upaya dia masih membentur tiang gawang.

Napoli memang sempat bangkit dan menyerang pertahanan Atalanta. Hanya peluang lewat sundulan Victor Osimhen masih lemah sehingga tak membahayakan gawang Atalanta.

Atalanta kembali melakukan tekanan. Setelah beberapa kali gagal, usaha tim asuhan Gian Piero Gasperini akhirnya membuahkan hasil di menit 26. Miranchuk menyelesaikan umpan berupa tendangan voli Pasalic dengan sangat baik.

Selanjutnya, Atalanta memperbesar keunggulan melalui Gianluca Scamacca menjelang akhir babak pertama.

Gol berawal dari aksi Scamacca lewat kerjasama yang apik dengan Miranchuk sebelum menaklukkan kiper Alex Meret. Skor 2-0 untuk Atalanta bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Atalanta tak menurunkan tempo permainan. Mereka bermain efektif menekan pertahanan tuan rumah yang kesulitan mengembangkan permainan.

Meski demikian Napoli sempat bangkit dan menciptakan peluang gol. Paling tidak ada dua peluang melalui Piotr Zielinski dan Stanislav Lobotka. Hanya saja peluang itu gagal dikonversi menjadi gol.

Selain itu kiper Marco Carnesecchi menunjukkan performa terbaik. Dirinya membuat beberapa penyelamatan gemilang.

Termasuk dua peluang dari Osimhen yang bisa digagalkan dengan baik oleh Carnesecchi.

Mendapat tekanan dari Napoli, Atalanta tetap bisa mengatasinya. Bahkan mereka berhasil menambah gol yang melengkapi kemenangan Atalanta.

Gol dihasilkan gelandang tim nasional Belanda Teun Koopmeiners di menit 88. Skor beruah menjadi 3-0 untuk Atalanta dan bertahan sampai akhir laga.