Pelatih Spalletti Kesal Pemain Timnas Italia Sering Begadang Main PS
Pelatih Italia Luciano Spalletti. (X/@Azzurri)

Bagikan:

JAKARTA - Pemain tim nasional Italia ternyata gemar begadang. Bukan larut dugem tetapi malah bermain PlayStations. Pelatih timnas Luciano Spalletti pun menyebut tak pantas pemain timnas sampai begadang hanya untuk main PS.

Party? Tidak bagi pemain timnas Italia. Mereka memang suka begadang. Tetapi para pemain tidak keluyuran ke klub-klub malam.

Sebaliknya, mereka malah main PS. Spalletti mengakui beberapa di antara mereka malah kecanduan dengan PS. Pelatih pun sudah memperingatkan pemain untuk tidak tidur sampai larut malam hanya karena PS.

Spalletti mengaku sangat terganggu dengan kegemaran pemain yang membuat mereka tidur sampai larut malam. Pasalnya ini berpengaruh pada penampilan pemain di lapangan.

Menurut dia gara-gara pemain kurang tidur karena begadang, tim hanya bisa bermain imbang 0-0 saat melawan Ukraina, November 2023. Untung Gli Azzurri sudah menang 2-1 di laga pertama sehingga mereka lolos ke Euro 2024.

Kebiasaan buruk pemain itu membuat Spalletti kesal. Dia pun membeberkannya di hadapan media.   

"Apakah kita sudah selesai? Apakah Anda tidak peduli tentang PlayStations?" kata Spalletti menjelang akhir konferensi pers laga uji coba Italia melawan Venezuela dan Ekuador.

"Bahkan acara televisi bisa dibikin PS, termasuk eks pemain [timnas] " ucapnya

Spalletti mengkritisi kebiasaan pemain yang tidak tidur semalaman menjelang pertandngan. Menurut dia sikap profesional pemain terlihat bagaimana mereka menghabiskan waktu selama 22 jam sebelum pertandingan.

"Apakah ini mencerminkan sikap profesional saat berseragam timnas Italia tetapi mereka tidak tidur semalaman menjelang pertandingan. Akibatnya mereka tidak bisa memberikan yang terbaik saat pertandingan," kata Spalletti.

"Level pemain akan terlihat selama 22 jam sebelum pertandingan. Saya tidak peduli apa yang dilakukan pemain selama itu. Saya hanya peduli pada saatnya mereka berusaha untuk tidur," ujar eks pelatih Napoli ini.

"Yang terjadi setelah pukul 00.30 atau lewat tengah malam, mereka baru masuk kamar. Kecanduan itu bukan hal yang bagus. Profesi Anda seharusnya tidak terganggu dengan kecanduan seperti itu. Siapa pun yang hanya membuang-buang waktu tak perlu bergabung dengan timnas. Apalagi tidak ada ikatan kontrak apa pun," ucapnya.

Italia berambisi mempertahankan gelar juara Eropa yang diraihnya pada Euro 2021 dengan mengalahkan Inggris dalam adu penalti.

Ini yang menjadikan Spalletti bersikap tegas. Dirinya pun mengeluarkan aturan pemain dilarang membawa PS saat ke Jerman mengikuti putaran final Euro 2024.

Spalletti juga memberikan pekerjaan rumah kepada pemain setiap malam menjelang pertandingan. Dengan demikian, pemain tidak lagi menghabiskan waktu bermain PS.

"Mulai sekarang mereka harus meninggalkan PS masing-masing di rumah dan tidak boleh membawanya ke timnas. Saya juga memberikan mereka pekerjaan rumah yang harus dikerjakan malam itu juga," kata dia lagi.

Italia melakoni laga uji coba di Amerika Serikat. Mereka menghadapi Venezuela di Stadion Chase Stadium, Fort Lauderdale, Florida, Jumat, 22 Maret 2024 dinihari WIB.

Selanjutnya, mereka bertemu Ekuador di Stadion Red Bull Arena, Harrison, New Jersey, Senin, 25 Maret 2024 dini hari WIB.