Bagikan:

JAKARTA - Bayern Munchen akan berjumpa Arsenal pada perempat final Liga Champions 2023/2024. FC Hollywood akan bertandang lebih dulu ke Stadion Emirates pada leg pertama, 9 April 2024.

Masalahnya, Munchen bakal kehilangan sokongan dari suporter pada leg pertama. Mereka mendapat larangan dari UEFA untuk membawa suporter.

Hukuman satu pertandingan tanpa suporter didapat akibat insiden pelemparan cerawat ke lapangan saat mereka bertandang ke markas Lazio pada babak 16 besar.

Selain sanksi itu, Munchen juga harus membayar denda sebesar 30 ribu pound.

"Kami harus menerima hukuman ini. Tidak hanya kembang api yang diledakkan, tapi juga sengaja ditembakkan ke lapangan sehingga secara langsung membahayakan orang yang melihatnya."

"Ini merupakan pelanggaran nyata terhadap kondisi masa percobaan sehingga sayangnya upaya banding tidak ada gunanya."

"Fakta bahwa kami sekarang harus bermain tandang tanpa dukungan fans merupakan sebuah pukulan besar."

"Sekelompok kecil pelaku individu telah melakukan tindakan merugikan terhadap seluruh pendukung kami dan tim," ujar CEO Bayern Munchen, Jan-Christian Dreesen.

Situasi itu tentu menjadi keuntungan tersendiri buat Arsenal. Pasukan Mikel Arteta memiliki peluang besar memanfaatkan leg pertama untuk memijakkan satu kaki di semifinal.

Stadion Emirates akan bebas diisi oleh lebih banyak pendukung tuan rumah. Artinya, kemungkinan stadion berkapasitas 60.000 penonton akan terjual habis tanpa ada pendukung Munchen yang datang.

Tentunya, dukungan penuh suporter menjadi motivasi besar buat The Gunners mencuri kemenangan leg pertama.

Selain itu, Arsenal tentu tak ingin menyia-nyiakan perjuangan mereka mencapai delapan besar. Soalnya, ini merupakan perempat final Liga Champions pertama mereka sejak 2010.

Mereka tentu berambisi melangkah lebih jauh, yaitu ke semifinal untuk berjumpa pemenang antara Real Madrid vs Manchester City.