Inter Milan vs Napoli:  Duel Dua Tim Terluka Setelah Gagal di Kompetisi Eropa
Federico Dimarco akan menebus kegagaln Inter Milan di Liga Champions. (foto: x @Inter)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah keduanya dilanda kekecewaan akibat tersingkir dari kompetisi Eropa di pertengahan pekan, Inter Milan dan Napoli akan bertemu di Stadion San Siro dalam laga puncak Serie A pada Minggu, 17 Maret atau Senin dinihari WIB.

Sebagai juara bertahan musim lalu, Inter Milan siap untuk meneruskan tren sebagai pemuncak klasemen yang jauh di depan para pesaingnya.  Inter, sudah unggul 16 poin dari pesaing terdekat AC Milan, di puncak klasemen setelah meraih 10 kemenangan beruntun di liga.

Inter Milan merasakan rekor sempurna mereka untuk tahun 2024 terhenti secara mendadak, setelah tersingkir dari Liga Champions pada Rabu, setelah kekalahan 1-2  dari Atletico Madrid  yang diikuti oleh kegagalan dalam adu penalti yang tegang.

Meskipun gol pembuka Federico Dimarco sempat membuat Nerazzurri unggul dua gol secara agregat, namun setelah kebobolan dua gol, finalis musim lalu tidak bisa memberikan respons selama perpanjangan waktu di ibukota Spanyol, sebelum Lautaro Martinez melewatkan tendangan penalti pentingnya ke atas mistar gawang.

Juga tersingkir dari Coppa Italia, satu-satunya sisa yang tersisa bagi pasukan Simone Inzaghi hanyalah menyegel gelar juara Italia dalam beberapa minggu ke depan: Inter berada dalam posisi yang sudah pasti tidak terkejar di depan rival lama mereka, AC Milan dan Juventus.

Mereka sekarang kembali ke tugas domestik dengan mencari kemenangan liga ke-11 secara beruntun untuk ketiga kalinya dalam sejarah mereka yang panjang, setelah mencatatkan 17 kemenangan dalam musim 2005-06 dan kemudian 11 kali di bawah Antonio Conte tiga tahun lalu.

Meskipun mereka tidak akan dinobatkan sebagai raja benua, Inter telah mencetak 70 gol di liga utama dan hanya kebobolan 13 gol, yang bukan hanya merupakan selisih gol terbaik di antara lima liga teratas Eropa tetapi juga terbaik untuk tim Serie A pada musim ini sejak tahun 1950-an.

Setelah memenangkan tujuh dari 11 pertandingan liga terakhir mereka melawan Napoli, termasuk kemenangan 3-0 di Stadion Maradona pada Desember lalu, raksasa Milan itu akan berharap untuk kembali ke jalur kemenangan akhir pekan ini.

Sementara itu, Napoli  tumbang di tangan Barcelona di Montjuic, kalah 3-1 pada malam itu dan 4-2 secara agregat.

Setelah debut perempat final musim lalu, Napoli tersingkir di babak 16 besar untuk keempat kalinya dalam lima percobaan - namun harapan mereka relatif rendah, mengingat bagaimana musim ini telah berlangsung.

Meskipun begitu, Napoli kini berkunjung ke San Siro, di mana mereka telah kalah dari lima pertemuan terakhir mereka di liga melawan Inter dengan agregat skor 8-2.

Setelah 120 menit aksi intens di Madrid, Simone Inzaghi pasti akan melakukan perubahan pada Minggu malam ini, di mana Davide Frattesi dan Yann Bisseck bisa saja dipromosikan ke dalam susunan pemain inti Inter.

Sementara Marko Arnautovic, Juan Cuadrado, dan Stefano Sensi masih absen, bek sayap Brasil Carlos Augusto seharusnya kembali dari cedera otot setelah absen dalam perjalanan tengah pekan ke Spanyol.

Jika dia bisa pulih dari kekecewaan penalti, kapten Lautaro Martinez akan berusaha mencetak gol yang akan membuatnya mencetak 10 gol di kandang dalam setiap musim dari empat musim terakhir, pencapaian yang hanya dicapai oleh Erling Haaland di antara lima liga teratas Eropa selama periode itu.

Sementara itu, pemain tengah Hakan Calhanoglu - yang mencetak gol di Napoli pada musim ini - akan mencapai dua digit gol untuk kedua kalinya dalam karirnya, setelah sebelumnya mencetak 11 gol untuk Hamburg satu dekade yang lalu.

Sementara itu, penyerang utama Napoli, Victor Osimhen, diragukan tampil karena cedera, sehingga Giovanni Simeone akan siap untuk memulai pertandingan melawan klub mantan ayahnya.

Pertandingan ini bakal seru  lantaran kedua tim akan berusaha untuk bangkit setelah kekecewaan di Eropa dan meraih kemenangan di San Siro pada Minggu malam.

Perkiraan Susunan Pemain

Inter Milan: Sommer; Bisseck, Acerbi, Bastoni; Darmian, Barella, Calhanoglu, Frattesi, Dimarco; Thuram, Martinez

Napoli: Meret; Di Lorenzo, Rrahmani, Jesus, Olivera; Anguissa, Lobotka, Traore; Politano, Osimhen, Kvaratskhelia