F1 Tetap Gunakan Ban 18 Inci untuk 2026, Batal Pindah ke 16 Inci
Balapan Formula 1 akan tetap menggunakan ban 18 inchi. (foto: x @octagram_f1)

Bagikan:

JAKARTA - Formula 1 dipastikan akan tetap menggunakan ukuran ban 18 inci saat regulasi teknis baru diberlakukan pada 2026, setelah opsi perubahan ke 16 inci ditolak. Ukuran pelek yang lebih kecil sempat dipertimbangkan sebagai bagian dari upaya berkelanjutan oleh FIA untuk mengurangi berat total mobil 2026.

Namun, perubahan ini ditentang oleh Pirelli baik karena alasan praktis maupun dampak pemasaran potensial. F1 beralih dari 13 ke 18 inci pada 2022, mencerminkan tren industri mobil yang lebih luas, dan pengurangan dianggap sebagai langkah mundur dalam hal citra olahraga dan transfer teknologi.

Ukuran baru juga akan memerlukan perubahan besar pada proses produksi Pirelli, yang harus dilakukan tepat waktu untuk meluncurkan program tes penuh dengan mobil F1 pada 2025. Ini juga akan menciptakan tantangan tambahan bagi tim di atas segala sesuatu yang lain yang harus mereka hadapi menjelang era baru.

Regulasi 2026 dibahas oleh tim dan FIA pada pertemuan terakhir komite penasihat teknis. Meskipun hasilnya belum diumumkan secara resmi, disepakati untuk tetap menggunakan pelek 18 inci, tetapi dengan ukuran dan bentuk ban yang sedikit berbeda.

“Kami dekat dengan versi final dari ukuran,” kata bos Pirelli F1, Mario Isola dikutip VOI dari Autosport. "Jelas ketika Anda merancang roda, Anda harus mempertimbangkan semua paket, rem, roda, suspensi, ban, jadi saya percaya kami dekat dengan ukuran final.”

"Kami harus berubah karena mobil baru berbeda, dan dalam hal apapun, kami harus merancang ban yang lebih kecil. Diskusi antara ban 16 dan 18 inci. Dan preferensi kami adalah tetap pada ban 18 inci. Saya percaya bahwa ada alasan yang valid untuk tetap pada 18 inci, dengan ban yang lebih kecil, tetapi masih pelek yang sama,” ungkap Isola.

“Itulah yang kami diskusikan, diameter yang sedikit lebih kecil, profil yang sedikit lebih rendah dan ban yang sedikit lebih sempit,” ujar Isola.

Isola meremehkan kemungkinan penghematan berat dari peralihan ke 16 inci. “Ada elemen yang berat,” katanya. "Dan jelas itu mempengaruhi semua paket, dan juga roda. Perbedaan antara 16 dan 18 dan 18 yang sempit tidak besar. Jadi elemen berat ada.”

"Tetapi itu bukan satu-satunya elemen. Ada elemen kinerja. Karena jelas jika Anda beralih ke ban 16 inci, yang jauh lebih kecil, risiko panas berlebih jauh lebih tinggi. Diameter yang lebih kecil berarti Anda menyebarkan panas dengan cara yang berbeda,” tambahnya.

“Dan jadi ada banyak elemen yang jika kami ingin merancang ban yang sesuai dengan harapan pengemudi. Untuk kinerja, ban 18 inci lebih baik daripada 16,” tuturnya.