Kepindahan Justin Hubner ke Cerezo Osaka Ditanggapi Positif Ketum PSSI
Justin Hubner pindah ke Cerezo Osaka sebagai pinjaman dari Wolverhampton Wanderers (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Status pemain naturalisasi Indonesia, Justin Hubner, yang kini menjadi pemain pinjaman di Cerezo Osaka ditanggapi positif oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir.

Ketum PSSI mengatakan kepindahan Hubner ke J1 League, divisi utama liga Jepang, akan berpotensi membuat pemain 20 tahun tersebut mendapatkan menit bermain lebih banyak ketimbang di Wolverhampton Wanderers.

"Ya, baguslah. Begini, banyak pemain kita juga yang perlu bermain di timnya," kata Erick Thohir saat ditemui di Jakarta Pusat pada Kamis, 14 Maret 2024.

Sebelumnya, Hubner tergabung di klub Liga Inggris, Wolverhampton Wanderers. Ia kemudian menjalani masa peminjaman ke Cerezo Osaka.

Semasa di Wolverhampton, Hubner hanya sekali masuk daftar susunan pemain, yaitu saat melawan Arsenal di Stadion Emirates dalam laga Liga Inggris pada Desember 2023.

Pesepak bola berdarah Belanda itu justru lebih banyak menghabiskan penampilannya musim ini bersama tim muda Wolves, yaitu sebanyak 15 kali dengan menyumbangkan empat gol.

Situasi Hubner yang kini merumput di Jepang dianggap Erick Thohir sebagai keputusan tepat. Soalnya, hal itu akan memudahkan dia mengelola performa yang nantinya bisa membuatnya menonjol di mata pelatih.

"Kalau jadi cadangan doang 'kan kurang terlihat (performanya). Itulah kenapa saya selalu bilang, coach Indra, coach Nova, atau Shin Tae-yong, ketika pemain berkumpul pasti coach-coach ini melihat lagi."

"Pemain tersebut bermain penuh atau tidak di timnya, atau cadangan. Itu perlu lagi peningkatan fisik dan sistem permainan," ujar Erick.

"Kalau kita lihat negara-negara Eropa 'kan kadang-kadang pemain intinya memang main di klubnya," tuturnya.

Sementara itu, Erick Thohir tak bisa memastikan apakah Hubner dapat membela Timnas Indonesia U-23 pada Piala Asia U-23 2024 di Qatar, 15 April-3 Mei 2024. Soalnya, dia baru saja pindah klub dengan status pemain pinjaman.

Kendati demikian, PSSI bakal berusaha keras melobi klub-klub yang dihuni pemain langganan Timnas Indonesia U-23 agar bersedia melepas pemainnya.

"Saya tidak bisa komentar karena untuk Nathan (Tjoe-A-On), Hubner, dan Elkan (Baggot) statusnya 'kan pinjaman. Jadi, tentu apakah klub-klub mau melepas, ini yang sedang kita lobi," kata Ketum PSSI.