Bagikan:

JAKARTA - Borussia Dortmund memastikan lolos ke perempat final Liga Champions setelah menyingkirkan PSV Eindhoven. Dortmund mengalahkan PSV 2-0 dalam duel kedua babak 16 besar di Stadion Signal Iduna Park, Kamis, 14 Maret 2024 dini hari WIB.

PSV menjadi lawan tak mudah bagi Dortmund. Setelah bermain imbang pada laga pertama, Dortmund pun kembali bekerja keras saat menjamu tim elite yang saat ini menduduki puncak klasemen Eredivisie Belanda.

Beruntung, Sancho berhasil menyelamatkan Dortmund. Pemain pinjaman dari Manchester United ini membuka kemenangan Dortmund di pertandingan tersebut. Selanjutnya, Marco Reus memantapkan keunggulan tuan rumah.

Kemenangan itu membawa Dortmund ke perempat final Liga Champions. Pasalnya Die Borussen unggul agregat 3-1 setelah di laga pertama bermain imbang 1-1.

Dortmund pun mengikuti jejak klub Bundesliga Jerman lainnya Bayern Munchen yang sudah memastikan lolos ke delapan besar.

Di pertandingan itu, Dortmund langsung menggebrak dengan permainan ofensif. Serangan tuan rumah langsung membuahkan hasil.

Sancho mencetak gol cepat saat menyelesaikan umpan dari Julian Brandt. Gol Sancho tercipta saat pertandingan baru berjalan tiga menit.

Hanya setelah gol itu, Dortmund mengalami kesulitan menembus pertahanan PSV. Namun tim tamu juga tidak mampu menghadapi pertahanan Dortmund yang cukup solid. Skor 1-0 untuk tim asuhan Edin Terzic bertahan sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, Donyell Malen dkk tak menurunkan tempo permainan. Namun serangan mereka selalu kandas di barisan pertahanan PSV.

Tuan rumah sesungguhnya mencetak gol melalui Niclas Fuellkrug di menit 77. Hanya wasit Daniele Orsato yang sempat mengesahkan gol itu sebelum meninjaunya lewat VAR.

Hasilnya dari tinjauan VAR, Fuellkrug ternyata dalam posisi offside sebelum mencetak gol. Wasit pun membatalkan gol Fuellkrug.

Namun Dortmund akhirnya memantapkan keunggulan saat Reus mencetak gol pada injury time. Dirinya menyelesaikan assist dari Fuellkrug di menit 90+5.

Skor berubah menjadi 2-1 dan bertahan sampai akhir laga. Dortmund pun menyingkirkan PSV dan lolos ke perempat final.