Arsenal vs. Porto: The Gunners Berjuang Melawan Defisit Gol atas Porto di Emirates
Kai Havertz, berjuang untuk kemenangan Arsenal (foto: x @arsenal)

Bagikan:

JAKARTA - Arsenal akan berusaha keras untuk membalikkan keadaan saat mereka menjamu Porto di leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Emirates London, Selasa 12 Maret atau Rabu dini hari WIB. Setelah kalah 0-1 dalam pertemuan pertama, The Gunners terancam tersingkir dari kompetisi ini lagi.

Dalam pertemuan pertama, Arsenal hampir mampu membawa hasil imbang, tetapi gol spektakuler Galeno pada menit terakhir menghancurkan harapan mereka. Meskipun Arsenal dalam performa bagus di kompetisi domestik, dengan memimpin di puncak klasemen Liga Premier, mereka membutuhkan performa yang sangat baik untuk memastikan kelangsungan hidup mereka di Liga Champions.

Sang manajer, Mikel Arteta, berharap agar timnya bisa mengulangi performa gemilang mereka di grup, di mana mereka berhasil memenangkan semua pertandingan dengan mencetak 12 gol dan tidak ada yang masuk ke gawang mereka. Namun, Arsenal memiliki catatan yang kurang menguntungkan di Liga Champions, hanya satu kali dalam sepuluh percobaan terakhir mereka berhasil melaju setelah kalah di leg pertama.

Kemenangan enam gol Arsenal atas Sheffield United menyebabkan Gabriel Martinelli mengalami luka serius di kaki. Bahkan muncul kabar bahwa dia terlihat di Emirates dengan menggunakan tongkat pada akhir pekan lalu. Ini membuat peluang pemulihannya pada Selasa ini tampaknya telah berkurang.

Takehiro Tomiyasu yang masih cedera juga diperkirakan absen, sementara Jurrien Timber masih beberapa minggu lagi untuk kembali dari cedera ACL. Arsenal juga mungkin harus bermain tanpa Gabriel Martinelli yang masih cedera. Namun Arsenal mendapat dorongan dari kembalinya Oleksandr Zinchenko dari masalah betisnya saat melawan Brentford.

Kiper David Raya yang menyaksikan pertandingan melawan klub lamanya tanpa bisa berbuat apa-apa, diprediksi akan mendapatkan tempatnya kembali di gawang dari Aaron Ramsdale. Apalagi kiper kedua The Gunners ini sempat karena blunder pada paruh pertama yang membuat Brentford menyamakan kedudukan tetapi menebusnya dengan dua penyelamatan bagus pada paruh kedua.

Sementara itu, Porto juga akan datang dengan semangat tinggi setelah hasil domestik yang memuaskan, termasuk kemenangan besar 5-0 atas Benfica. Namun, mereka juga harus berjuang keras untuk mempertahankan keunggulan mereka di Emirates.

Namun Porto mungkin akan kehilangan Zaidu Sanusi dan Ivan Marcano karena cedera ACL. Beruntung bek kiri Porto, Wendell juga telah pulih dari cedera yang membuatnya diganti pada akhir leg pertama.

Gabriel Veron juga sedang dirawat karena masalah Achilles, tetapi fans Porto bersukacita karena striker bintang Mehdi Taremi diharapkan akan terlibat setelah absen dalam leg pertama karena masalah paha.

Striker berusia 21 tahun, Evanilson, tidak dapat dilewatkan, jadi Francisco Conceicao mungkin harus dikorbankan untuk menampung kembalinya Taremi, dan pertahanan Porto sekali lagi akan dipimpin oleh veteran Pepe, yang masih kuat pada usia 41 tahun.

Pertandingan ini diprediksi akan menjadi pertarungan ketat, di mana kedua tim berjuang keras untuk meraih tiket ke babak berikutnya. Juru taktik masing-masing tim, Mikel Arteta dan Sergio Conceicao, pasti akan menyiapkan strategi terbaik mereka untuk memenangkan pertandingan ini.

Arsenal pasti berusaha keras untuk membalikkan defisit mereka dan Porto berharap untuk mempertahankan keunggulan mereka

Prakiraan Pemain:

Arsenal: Raya; White, Saliba, Gabriel, Zinchenko; Odegaard, Jorginho, Rice; Saka, Havertz, Jesus

Porto: Costa; Mario, Pepe, Otavio, Wendell; Varela, Gonzalez; Conceicao, Pepe, Galeno; Evanilson