Penyebab Kalahnya Tyson dari Douglas 31 Tahun Silam: Pesta Seks dengan Pelayan dan Gadis Jepang
Mike Tyson (Instagram @miketyson)

Bagikan:

JAKARTA - Masih ingat pertarungan akbar antara Mike Tyson melawan James "Buster" Douglas 31 tahun silam? Ya, dalam laga adu jotos tersebut Tyson kalah untuk pertama kalinya. 

Dalam autobiografi Undisputed Truth yang dirilis tahun 2013, Tyson mengungkap penyebab kekalahannya dari Douglas.

Di situ tertulis, sebelum bertanding Tyson terlalu sibuk berpesta dan bercinta dengan perempuan. Ya, Iron Mike terkenal karena gaya hidupnya yang doyan pesta

Tyson adalah juara kelas berat dunia yang tak terkalahkan. Dalam pertarungan ini, dia diharapkan untuk menghancurkan lawannya yang tidak diunggulkan.

Tyson membukukan rekor 37-0 dan hanya pernah melampaui tujuh ronde sekali sebelum pertandingannya dengan Douglas. Kala itu, nama Douglas tidak diberi kesempatan sama sekali oleh taruhan Las Vegas.

Tapi ternyata, Tyson hampir tidak berlatih sama sekali untuk pertarungan itu. Promotor Don King bahkan harus menarik Tyson keluar dari sesi sparring setelah rekannya Greg Page membuat Tyson terlihat seperti seorang amatir.

“Pada 8 Januari 1990, saya naik pesawat untuk terbang ke Tokyo. Menendang dan berteriak. Saya tidak ingin berkelahi; semua yang saya minati saat itu adalah berpesta dan bercinta," Tyson kemudian menulis dalam otobiografinya.

Ketika Iron Mike akhirnya tiba di Tokyo, dia kelebihan berat badan. Dan meskipun dia akhirnya mampu membuat bobotnya kembali ideal, persiapannya tetap tidak serius.

“Selain berhubungan seks dengan pelayan, saya melihat gadis muda Jepang yang berhubungan seks dengan saya saat terakhir kali saya di Jepang.

“Robin (istri Tyson) pergi berbelanja dan saya akan turun ke bagian belakang hotel tempat gadis ini bermalam… Jadi itulah sesi latihan saya sebelum melawan Douglas.”

Saat pertarungan semakin dekat, Tyson melanjutkan petualangan seksualnya.

"Sehari sebelum pertarungan, saya juga punya dua pelayan pada saat yang sama. Dan kemudian dua gadis lagi, satu per satu, pada malam sebelum pertarungan.”

Bukan cuma Tyson secara pribadi. Tim si leher beton juga tidak mempersiapkan diri untuk pertarungan melawan Douglas. Mereka bahkan tidak repot-repot membawa kantong es karena mengganggap Douglas tidak akan melukai lawannya.

Meskipun Tyson menjatuhkan Douglas di ronde kedelapan, "Buster" pulih untuk mengakhiri pertarungan dua ronde kemudian. Tyson pun menderita kekalahan pertama dalam karier profesionalnya.

"Itu bukan Tyson yang biasa naik ring," Tyson kemudian mengakui. “Jelas bagi siapa pun yang menonton bahwa saya benar-benar tidak ingin berada di sana. Pertarungan dimulai dan saya bertarung dengan mengerikan."